Buka Puasa Bareng TNI-Polri, Jokowi Umumkan Kenaikan Tukin

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo mengumumkan tentang kenaikan pendapatan yang akan diperoleh setiap anggota TNI dan Polri dalam acara buka puasa bersama yang diselenggarakan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

TNI-Polri Halau Massa Habib Rizieq di Perbatasan Depok-Jakarta

Jokowi menyampaikan kenaikan pendapatan dari tunjangan kinerja itu akan mencapai 70 persen.

"Kenaikan tunjangan kinerja, tukin, yang akan diberikan di bulan Juli, TNI-Polri semuanya naik jadi 70 persen," ujar Jokowi, Selasa, 5 Juni 2018.

Viral Mapala Unimed dan Aparat Keamanan Bentrok

Menurut Jokowi, kenaikan itu melengkapi pendapatan para aparat negara setelah mereka juga menerima Tunjangan Hari Raya (THR) pekan itu.

Selain itu, Jokowi menyampaikan, pemerintah juga akan meningkatkan jumlah pendapatan operasional Babinsa atau Bintara Pembina Desa. Kenaikannya diperhitungkan mencapai 771 persen. Babinsa yang biasa memperoleh pendapatan operasional terendah Rp310 ribu akan mendapat Rp2,7 juta.

Jenderal Gatot ke Stasiun Tanah Abang Cuma Mau Liat Warga Pakai Masker

Sementara, Babinsa yang biasa memperoleh pendapatan operasional tertinggi Rp1.335.000 mendapat Rp3,6 juta. Mantan Gubernur DKI ini mengaku mengambil kebijakan usai kerap mendengar keluhan tentang rendahnya pendapatan operasional Babinsa tiap kali ia melakukan kunjungan ke daerah.

"Saya kira seluruh Babinsa yang mendengar pengumuman ini akan sangat bergembira, terutama yang berada di pelosok-pelosok," ujar Jokowi.

VIVA Militer: Prajurit TNI berlatih perang.

Polisi Tak Bisa Sembarangan Periksa TNI, Begini Kata Polri

Aturan baru jadi perhatian, aparat hukum seperti polisi tidak bisa sembarangan memeriksa prajurit TNI.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2021