H+3 Lebaran, Arus Balik ke Jakarta Masih Lengang

Pantauan CCTV Posko Lebaran di Kemenhub
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Arus balik pada H+3 Lebaran 2018, hingga pagi ini masih terpantau lengang. Belum ada lonjakan pemudik yang terlihat di beberapa ruas jalan tol maupun jalan arteri nasional. 

Tarif Angkutan Barang akan Diatur Kemenhub

Ketua Posko Harian Mudik Lebaran Kemenhub, Hary Kriswanto mengatakan, hal itu setidaknya terpantau melalui pantauan CCTV di posko pusat. Nantinya, secara lebih detail kondisi tersebut akan direkam melalui monitoring lapangan yang dilakukan petugas. 

"Pantauan monitor masih relatif lengang. Mungkin, nanti sore baru ada lonjakan," kata Hary ditemui VIVA di Posko Mudik Kemenhub, Jakarta, Senin 18 Juni 2018. 

Kemenhub: Tidak Ada UU ODOL, Hanya Penguatan Regulasi

Hary yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kemenhub ini mengatakan, sejauh ini tidak ada kondisi yang anomali sepanjang penyelenggaraan mudik Lebaran. Kebijakan penambahan libur Lebaran, dinilai efektif mengurangi kepadatan dan kemacetan di beberapa ruas jalan yang langganan macet. 

Dia memperkirakan, puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 19 hingga 20 Juni 2018. Pergerakan arus balik pun diperkirakan juga akan terasa mulai sejak nanti malam. 

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

"Karena mendekati ke (tanggal) 19, banyak yang berpikiran itu pulang nanti malam," katanya. 

Alasannya, sambung dia, para pekerja kantor sudah bersiap-siap masuk kerja dan banyak yang ingin meluangkan waktu sisa liburannya di Jakarta, sebelum kembali mulai bekerja. 

"Titik kritis (macet) itu 19 dan 20, karena dengan asumsi kalau untuk sebagian yang berstatus berkantor itu kena sanksi kalau tidak masuk," tutur dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya