Pantau Arus Balik, Menhub Pastikan Pemudik Motor Menurun

Kendaraan pemudik motor melintas di jalur Pantura Losarang, Indramayu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA –  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi siang ini memantau langsung perkembangan arus balik mudik lebaran di Bandara Internasional Soekarno Hatta yang diprediksi jatuh pada hari ini, Selasa, 18 Juni 2018.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

Budi Karya menyatakan, tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi pesawat terbang meningkat 15 persen dibandingkan tahun lalu. Peningkatan itu terjadi karena turunnya jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua di libur lebaran tahun ini.

"Pemudik yang menggunakan pesawat naik 15 persen tahun ini. Untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi turun. Yang paling signifikan turunnya pengendara motor sampai 40 persen tahun ini," kata Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa 19 Juni 2018.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

Sebelumnya, Budi Karya juga melakukan pemantauan arus balik di terminal Kampung Rambutan. Dalam kesempatan itu, Budi memantau kesiapan para petugas di Posko Mudik Lebaran Kampung Rambutan.

Menurut data Posko Mudik di Terminal Kampung Rambutan, jumlah penumpang bus yang sudah masuk ke Jakarta hingga tanggal 18 juni 2018 atau H+2 lebaran sudah mencapai 22.044 penumpang. Angka itu jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jumlah penumpang bus yang masuk ke Jakarta di H+1 lebaran atau tanggal 17 Juni 2018, yaitu 17.492 penumpang.

Kapolda Jateng: Penyekatan Mudik Selesai, Kini Fokus Arus Balik

Budi pun memperkirakan bahwa jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)  yang akan masuk atau kembali ke Jakarta akan terus bertambah pada arus balik mudik lebaran hari ini.

Penyekatan Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Sejumlah pengendara yang tak lolos penyekatan arus balik di tol Kalilangkung diketahui tak membawa surat negatif swab.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021