Hari Ini, Perkiraan Puncak Arus Balik di Bandara Yogya

Kesibukan di Bandara Adisucipto
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Daru Waskita

VIVA – Puncak arus mudik di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, diprediksi terjadi pada hari ini, Rabu 20 Juni 2018. Namun, peningkatan jumlah pemudik yang kembali ke perantauan mulai terlihat sejak Senin 18 Juni 2018.

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Liza Anindya Rahmadiani mengatakan, pada Senin 18 Juni dan Selasa 19 Juni 2018, tercatat sudah ada sekitar 27 ribu pemudik yang berangkat dari bandara ini.

Sedangkan untuk puncak arus balik, pihaknya memprediksi terjadi pada H+5 Lebaran dan jumlah penumpang diperkirakan bisa mencapai 30 ribu penumpang dalam sehari. Sebab, pada Kamis 21 Juni 2018, cuti bersama bagi para pegawai pemerintahan maupun swasta sudah berakhir.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

Namun, Liza memperkirakan, arus balik masih akan terjadi hingga akhir pekan nanti. Mengingat, akhir cuti bersama berdekatan dengan akhir pekan dan libur anak sekolah yang belum selesai, sehingga dimungkinkan masih ada pemudik yang memperpanjang cuti hingga akhir pekan nanti.

"Makanya, pos pantauan Lebaran kami masih buka sampai tanggal 24. Karena, perkiraannya arus balik masih akan terjadi, meski puncaknya Rabu hari ini," ujarnya, Rabu 20 Juni 2018.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

Liza menyatakan, pada musim libur Lebaran kali ini, juga ada penambahan penerbangan setiap harinya. Jika pada hari-hari biasa jumlah penerbangan berkisar antara 177 hingga 180 penerbangan per hari, sedangkan pada musim Lebaran kali ini bisa mencapai 208 penerbangan.

Dengan adanya extra flight tersebut, Liza mengakui, terkadang ada delay yang terjadi. Namun, masih dalam batas normal.

"Sejauh ini, ada delay tapi wajar. Secara keseluruhan masih lancar," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya