Menhub: Banyak yang Sudutkan Jokowi dengan Hoax

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA/ Putra Nasution.

VIVA - Turunnya angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2018, tak lepas dari pembangunan infrastruktur yang saat ini terus membaik di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Misalnya saja seperti pembangunan jalan dan tol untuk dilalui pemudik saat musim pulang kampung.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Ia menyebutkan turunnya angka kecelakaan lalu lintas karena masyarakat sadar dengan keselamatan diri saat mengendarai kendaraannya untuk melakukan perjalanan mudik.

"Bahkan perekonomian kita tumbuh terus membaik. Khusus tol, kini kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran sudah bisa ditekan hingga 70 persen. Walaupun begitu, masih banyak orang-orang tertentu yang selalu menyudutkan Pak Jokowi dengan berita hoax," kata Budi Karya saat memberikan kata sambutan pada acara peresmian Sekretariat Bersama Relawan Joko Widodo di Medan, Jumat, 22 Juni 2018.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Budi Karya mengungkapkan Kementerian Perhubungan bersama pihak terkait terus melakukan upaya yang maksimal untuk menekan angka lakalantas pada musim mudik 2018 dan ke depannya.

"Banyak masyarakat menyatakan berhasil, tidak pantas saya mengatakan itu kan. Tapi, Presiden juga mengatakan berhasil (angka kecelakaan menurun drastis)," ujar Budi Karya.

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

Ia mengatakan ada empat kriteria untuk dicatat, yaitu pemudik menggunakan sepada motor turun, pemudik menggunakan bus, kapal laut, dan kereta api, naik.

"Pada umumnya angkutan massal naik semuanya. Yang signifikan turun itu, pengguna sepeda motor itu turun. Kecepatan itu naik dan kepadatan itu turun. Kalau mengenai angka berhasil atau tidak, susah itu," tuturnya.

Budi menambahkan fakta bahwa kecepatan naik dan kepadatan menurun membuat angka kecelakaan dan pemudik meninggal dunia akibat kecelakaan juga menurun. Bila ada kepadatan, kata dia, relatif kecil dan hanya terjadi di daerah tertentu saja. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya