Ikan Arapaima Bisa Gulingkan Perahu Warga di Sungai Brantas

Ikan Arapaima yang muncul di Sungai Brantas.
Sumber :

VIVA – Warga Desa Mliriprowo, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, terus memburu ikan Arapaima raksasa di aliran Sungai Brantas. Dari keterangan sebelumnya, banyak warga yang melihat rombongan ikan raksasa itu berenang dan muncul-tenggelam.

2 Bocah Tenggelam di Sungai Brantas, 1 Tewas 1 Masih Dicari

Warga kemudian bergerak untuk menangkap. Mereka yang tinggal di sekitar Sungai Brantas memang biasa mencari ikan tawar. Karena itu, banyak warga yang memiliki perahu kecil.

Perburuan kemudian dilakukan warga menggunakan perahu, jaring dan alat lain. Karena ukurannya yang cukup besar, gerombolan Arapaima itu bahkan dapat menggulingkan perahu warga yang ditabraknya. Hingga saat ini, belum bisa dipastikan berapa banyak jumlah ikan-ikan itu.

Heboh Warga Temukan Jenazah Tanpa Identitas di Aliran Sungai Brantas

"Warga mengejar ikan-ikan itu dengan perahu dan menangkap dengan peralatan seadanya. Ikannya besar-besar sampai ada perahu yang terguling kena tabrak," ujar Kepala Desa Mliripprowo, Notodiharjo, Selasa 26 Juni 2018.

Mulanya, hanya satu ikan Arapaima yang berhasil ditangkap dengan panjang lebih dari 1,5 meter. Warga terus melakukan penangkapan dan sampai sore ini warga sudah menangkap delapan ekor ikan Arapaima dalam ukuran yang cukup besar.

Fakta Unik Ikan Arapaima, Bisa Bertahan Hidup 24 Jam di Luar Air

"Yang ada di balai desa tiga ikan, yang lainnya ada yang dibawa warga, ada yang katanya mau dimakan," katanya. (mus)

Komandan Tim Pencarian, Basarnas Surabaya, Andi Pamuji

7 Tim Dikerahkan Basarnas dalam Pencarian 2 Anak Hanyut di Sungai Brantas Malang

Pencarian total dilakukan oleh tim Basarnas Surabaya. Mereka menerjunkan 7 tim. Kekuatan penuh mereka lakukan dengan membawa 4 perahu karet, 2 perahu kayak.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2023