Polisi Kawal Kotak Suara Diserang, Pengamanan Papua Diperketat

Anggota Kepolisian Daerah Papua saat tugas patroli beberapa waktu silam. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng

VIVA – Tujuh dari sembilan polisi yang mengawal kotak suara Pilkada selamat dari serangan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) di Distrik Torere, Puncak Jaya, Provinsi Papua. 

TNI Akui Hadapi KKSB Papua Tak Hanya Soal Senjata Tapi Politik

"Tujuh anggota Polri selamat, yang dua belum ada kabar. Kami menyayangkan proses pesta demokrasi untuk memilih pemimpin di wilayah tersebut, tetapi terjadi serangan dari pihak-pihak tak bertanggung jawab," kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto di Mabes Polri Jakarta Selatan, Kamis 28 Juni 2018.

Terjadinya serangan yang didalangi KKSB itu, lanjut Setyo, membuat Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan Dankor Brimob Inspektur Jenderal Polisi Rudi Sufahriadi meningkatkan kekuatan personel di Papua. Namun, Setyo tak menjelaskan jumlah personel yang dikerahkan untuk mempertebal pengamanan di Papua.

TNI-Polri Tangkap Penyeludup Amunisi dan Senjata Api ke KKSB Papua

Sebelumnya, KKSB di Puncak Jaya melakukan pengadangan dan penembakan terhadap rombongan pengamanan pilkada di Kampung Torere, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Rabu 27 Juni 2018. Akibatnya, dua dari sembilan anggota Polri dan satu warga sipil tewas.

Pengadangan dan penembakan itu terjadi terhadap rombongan Kepala Distrik Torere dan sembilan anggota Polres Puncak Jaya. Mereka akan kembali setelah mengawal pencoblosan di TPS Douw 2 Distrik Muara Hulu ke Distrik Torere, Kabupaten Puncak Jaya, dengan menggunakan dua buah speedboat. 

Kapolda Papua: Hoax Masyarakat Ramai-ramai Mengungsi dari Intan Jaya

Distrik Torere merupakan wilayah Kabupaten Puncak Jaya yang berbatasan dengan Distrik Douw, Kabupaten Memberamo Raya. Di distrik tersebut melaksanakan Pilkada Gubernur Papua dan pilkada bupati setempat. (ren)
 

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat rilis akhir tahun 2022

Aksi Teror KKB di Papua 2022 Turun, Korban TNI-Polri dan Warga Sipil Bertambah

Menurut Kapolda Papua, kasus kekerasan KKB pada masyarakat maupun aparat tahun 2022 mengalami penurunan sebanyak 16 kasus dari 106 kasus di tahun 2021 menjadi 90 kasus

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2022