Pelaku Penembakan di Papua Diduga Kelompok yang Sama

Penembakan di Papua.
Sumber :
  • Banjir Ambarita/VIVA.co.id

VIVA – Sejumlah aksi penembakan dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua belakangan ini. Polri menduga, serangkaian penyerangan terhadap aparat dan warga sipil tersebut dilakukan oleh kelompok yang sama.

PTT: 8 Karyawan yang Tewas Ditembak KST Sedang Buat Tol Langit Papua

"Perkiraan kami sama, kelompok Melodi Enumbi dan Terinus Enumbi," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 29 Juni 2018.

Setyo menduga, kelompok tersebut pula yang menembaki pesawat pengangkut logistik Pilkada dan personel Brimob di bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua beberapa waktu lalu.

Korban Penembakan KKB Papua Dievakuasi ke RSUD Timika

"Satu kelompok yang mimpinnya dua. Ada yang menembak itu pesawat, terus nembak tukang ojek kemarin. Jadi kemungkinan dia yang menembak anggota Polri yang bawa kotak suara juga," kata Setyo.

Hingga saat ini, aparat gabungan TNI-Polri masih terus melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut. Namun operasi tersebut terkendala medan yang berat dan sulitnya komunikasi.

TNI dan Polisi Selidiki Penembak Heli Milik PT Freeport

"Yang sudah kami identifikasi, mereka ada senjata. Beberapa senjata (laras) panjang dan senjata pendek," ucap Setyo.

KKB melakukan penembakan terhadap pesawat Trigana Air di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Senin 25 Juni 2018. Pesawat tersebut mengangkut logistik Pilkada dan 15 personel Brimob Polri.

Dalam peristiwa tersebut, KKB juga menembaki warga di sekitar Bandara Kenyam dan menewaskan tiga warga sipil serta satu anak terluka. Aksi tersebut telah menggagalkan pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Nduga.

Selang dua hari kemudian atau tepat pada pelaksanaan pencoblosan, Rabu, 27 Juni 2018, sejumlah penembakkan terjadi di beberapa wilayah berbeda. Di sekitar Bandara Kenyam, Nduga, KKB melakukan penembakan tak terarah. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

Di hari yang sama, KKB juga menembaki warga dan aparat di Distrik Torere, Kabupaten Puncak Jaya. Dua anggota Polri dan kepala distrik yang membawa surat suara tewas.

KKB juga menembak tukang ojek di Distrik Waegi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Rabu siang waktu setempat. Warga Probolinggo, Jawa Timur itu tewas tertembus timah panas KKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya