Koalisi Umat Deklarasi Amien Rais Capres, Prabowo Apa Kabar

Politisi senior PAN, Amien Rais
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Sekelompok orang yang menamakan diri Koalisi Umat Madani (KUM) mendeklarasikan politikus 'sepuh' Amien Rais sebagai calon Presiden. Salah satu deklarator, Eggi Sudjana, berharap agar koalisi partai yang berada di luar pemerintahan mendukung pengusungan ini.

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

Meski nama Prabowo Subianto telah mencuat, sejumlah opsi masih terbuka untuk direkomendasikan nama dalam daftar calon presiden dan wakilnya.

"Kita akan pro aktif menyosialisasikan capres dan cawapres yang kita anggap calon terkuat," kata Eggi saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu 30 Juni 2018. 

M Taufik Bantah Pendukung Prabowo-Sandi Ikut Serta dalam Aksi 22 Mei

Eggi mengatakan, pada pertengahan Juli 2018 dan jelang pendaftaran capres cawapres pula bakal ada forum Itjima Ulama.

Forum tersebut akan mengumpulkan kurang lebih 1.500 ulama yang bakal disorongkan maju di Pilpres 2019. Tidak hanya itu, Persaudaraan Alumni 212 juga dilibatkan dalam penentuan calon yang akan diusung nanti. 

Sikapi Pemilu 2019, Hayono Isman: Indonesia Dibangun atas SARA

"Hasil rakornas 212 yang di Cibubur bulan lalu sudah merekomendasikan capresnya ada 5, sekarang termasuk ada Pak Amien. Kemudian ada 9 wakil presiden, nama saya juga masuk di situ," kata dia.

Meski belum ada keputusan tertulis, namun Eggi meyakini bahwa koalisi umat yang diklaimnya akan didukung Partai Gerindra, PKS, PBB, dan PAN. Diketahui bahwa selama ini calon kuat yang didengungkan oposisi adalah Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra.

"Jangan ditafsirkan akan muncul poros ketiga," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya