Uang Rp30 Miliar di Kapal Tenggelam Selayar Ditemukan

Situasi KM Lestari Maju kandas di perairan Selayar, Sulsel
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad Yasir (Makassar)

VIVA – Tim SAR berhasil menemukan dan menyelamatkan uang senilai Rp30 miliar yang ikut tenggelam bersama dengan Kapal Motor Penumpang Lestari Maju di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

Uang yang akan dipakai untuk membayar gaji Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Selayar itu, telah dievakuasi dan diamankan di bank.

"Uang Rp30 miliar gaji ke13 PNS Kabupaten Selayar berhasil dievakuasi Basarnas. Uang tersebut utuh dan disimpan di Bank BPD Sulselbar," ujar Kepala Pusdatin BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

Menurut Sutopo, selain uang, tim SAR juga telah mengevakuasi semua penumpang KMP Lestari Maju.

"Total korban yang telah di evakuasi 189 orang. 155 orang selamat dan 34 meninggal dunia," ujarnya.

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

Seperti diketahui, kapal bertonase GT 1.519 yang dinakhodai Agus Susanto, oleng dan separuh bagiannya tenggelam di perairan Dusun Pabbaddilang, Kecamatan Bontomatene Kabupaten, Selayar, Sulawesi Selatan.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H. Purnomo mengatakan, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Lestari Maju sengaja dikandaskan dan tidak tenggelam seperti informasi yang beredar.

Menurut Agus, berdasarkan laporan yang disampaikan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bulukumba disebutkan bahwa kapal tersebut kemasukan air karena cuaca buruk.

"Dan oleh nakhoda, kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan memudahkan evakuasi para penumpangnya," ujar Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya