Bandara Soetta Diperluas, Pemda Ikut Dapat Manfaat

Ilustrasi proyek pembangunan bandara
Sumber :
  • Fikri Halim / VIVA.co.id

VIVA – Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moh. Maesyal Rasyid mengatakan, pihaknya tengah berbenah guna mendukung pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan pembangunan beberapa ruas jalan tol.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Diketahui, ada perluasan Bandara Soekarno-Hatta serta rencana pembangunan Bandara Soekarno-Hatta 2 di Kecamatan Pakuhaji dan jalan Tol Pantai Utara Tangerang dan jalan Tol Serpong-Balaraja.

Menurut Maesyal, program pembangunan tersebut memiliki dampak luas bagi masyarakat Kabupaten Tangerang. Misalnya, pemerintah daerah turut andil dalam membantu menyediakan lahan bagi domisili baru warga.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

"Kami tidak mungkin menolak warga untuk domisili baru mereka (-setelah ada perluasan bandara) mereka mencari lahan dekat dengan asal tempat tinggal lama," ujarnya di Tangerang, Kamis, 12 Juli 2018.

Dia mengatakan, pemerintah daerah juga perlu kawasan industri, niaga, hotel, jasa kargo infrastruktur lainnya dalam menopang pertumbuhan ekonomi dan penduduk agar terciptanya lapangan pekerjaan baru.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Sehingga pemerintah daerah turut andil dalam penyediaan ruang," ujarnya menambahkan.

Maesyal menerangkan, dengan lapangan kerja terbuka, industri tumbuh berkembang maka dibutuhkan pula infrastruktur jalan untuk mengatasi kemacetan terutama di wilayah Pantura.

Perkembangan itu kata Maesyal harus direspons cepat, termasuk adanya perubahan tata ruang di wilayah tersebut.

Perubahan tata ruang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan kawasan industri untuk menumbuhkan industri baru. Karena kawasan lahan peruntukan industri saat ini sudah dimanfaatkan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tangerang Nono Sudarno mengatakan, saat ini sudah ada puluhan perusahaan yang mengajukan izin lokasi pengembangan kawasan khususnya di wilayah utara Tangerang.

"Semuanya kami akomodir dan dilayani dengan baik." 

Nono memastikan perizinan yang telah diterbitkan sesuai ketentuan berlaku. Seperti yang sudah ada saat ini yakni Kawasan Angkasa Land, Kawasan Laksana Business Park dan Pantai Indah Kapuk 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya