Perkenalan Ridwan Kamil ke DPRD Jabar, Fokus Bahas Program 5 Tahun

Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil di DPRD Jawa Barat, Rabu, 25 Juli 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil diperkenalkan kepada para Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat untuk pertama kalinya. Dari 100 anggota dewan, sejumlah 56 anggota hadir dalam perkenalan tersebut.

'Akan Istikharah', Kode Keras Iwan Bule Siap Maju di Pilkada Jabar

Hal tersebut dikemukakan Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, usai Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Hasil Penetapan KPU perihal Cagub dan Wagub Jawa Barat terpilih periode 2018-2023.

“Kurang lebih 56 orang karena ini rapat istimewa, kami akan lanjutkan ke paripurna. Alhamdulillah semua baik-baik saja dan lancar,” ujar Ineu di DPRD Jawa Barat Kota Bandung, Rabu, 25 Juli 2018.

Ridwan Kamil Teratas, Airin-Desy Ratnasari Kejutan di Pilkada Jabar

Dari pantauan, selain partai pengusung Ridwan Kamil, hadir juga dalam acara tersebut di antaranya Golkar dan Demokrat selaku pengusung pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, kemudian PKS selaku pengusung Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Ineu menilai, dalam perkenalan ini akan fokus membahas program visi misi gubernur terpilih untuk lima tahun ke depan. “Tadi sebelum rapat istimewa juga sudah bertemu dengan gubernur terpilih, kami ingin berbicara terkait dengan bagaimana Jawa Barat ke depan,” katanya.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Dia menerangkan, persiapan yang harus dimatangkan setelah perkenalan ini yaitu mengajukan berita acara ke Presiden Joko Widodo melalui menteri Dalam Negeri untuk melantik gubernur Jawa Barat terpilih periode 2018-2023.

“Yang pertama kan, sesuai undang-undang sudah saya bacakan memang DPRD diberikan waktu lima hari dari waktu penetapan di KPU kemarin. Selesai secepatnya untuk disampaikan ke mendagri," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Kalau administrasi hari ini selesai, besok kami kirimkan, tinggal menunggu berita acara paripurna istimewa hari ini".

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat 2018.

Terpilihnya Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum ditetapkan dengan putusan Nomor 739/2018. Keputusan ini ditetapkan tanpa ada aduan. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat memastikan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, memenangi Pemilihan Kepala Daerah 2018, dengan raihan suara 32,88 persen.

Hasil penghitungan suara KPUD Jabar, pasangan Ridwan-Uu (Rindu) unggul dengan meraih suara sebanyak 7,226,254. 

“Sudah ada pemberitahuan dari KPU RI maka KPU Jawa Barat menetapkan nomor urut satu sebagai pasangan terpilih dalam Pilgub Jawa Barat 2018,” ujar Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat, dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Pilgub Jawa Barat, di KPU Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya