Pakar: Lebih Realistis Jika Ridwan Kamil Maju di Jabar, Merem Aja Bisa Menang

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias RK disebut berpeluang besar menang jika kembali maju di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jawa Barat 2024. Figur RK juga didukung elektabilitas hasil sejumlah lembaga survei.

Soal Pilkada Jakarta, Airlangga: Kader Golkar Tidak Ada Matinya

Terkait itu, Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia (SDI) Arif Nurul Imam menganalisa kans RK besar untuk menang di Jabar. Dia mengatakan demikian karena elektabilitas politikus Partai Golkar itu sudah teruji di Jabar.

Arif mengaku tak heran jika mayoritas masyarakat Jabar ingin kembali dipimpin eks Wali Kota Bandung tersebut. Salah satunya hasil survei terbaru Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) elektabilitas unggul dari figur bakal calon lain seperti Dedi Mulyadi hingga Deddy Mizwar.

Ilham Habibie Akui Ridwan Kamil Bakal Jadi Saingan Terberat jika Maju Pilgub Jabar

Pun, hasil survei SMRC juga menunjukkan 73 persen masyarakat Jabar ingin RK kembali menempati kursi Jabar-1. Dari data SMRC, hanya 23 persen yang tak ingin RK kembali memimpin. Selebihnya, 5 persen masyarakat pemilih jawab tak tahu atau tak menjawab.

"Sebagai mantan Gubernur Jawa Barat, elektabilitasnya sudah teruji. Apalagi banyak program dan terobosan, yang dirasakan masyarakat saat dia menjabat," kata Arif di Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024.

Golkar Ungkap Banyak Dukungan Kepada Ridwan Kamil Maju Pilkada Jabar

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • Pemprov Jabar

Arif menuturkan, meski sudah tak jadi gubernur, masyarakat Jabar masih mengingat nama RK. Hal itu terbukti dengan hasil survei SMRC yang menemukan sebanyak 86 persen puas dengan kinerja RK saat jabat Gubernur Jabar. "Kalau potensi kemenangan, Ridwan Kamil lebih besar di Jawa Barat," jelas Arif.

Sementara, pakar politik Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai RK sudah dipastikan terpilih jika kembali mencalonkan diri di Pilgub Jabar. Adi mengibaratkan RK tanpa kerja keras pun sudah bisa memenangkan pertarungan.

"Secara kalkulasi dan kekuatan politik, Ridwan Kamil kalau mau disederhanakan merem saja, tidur saja, di Jawa Barat sepertinya sangat mungkin memenangkan pertarungan," kata Adi, Minggu, 9 Juni 2024.

Baca Juga: Gerindra Masih Godok Nama Ridwan Kamil untuk Pilgub Jakarta 2024

Dia menambahkan peluang Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menang di Jabar lebih besar dibanding jika di Jakarta. Ia menyarankan dalam kontestasi pilkada, sebaiknya RK maju di Pilgub Jabar.

"Kalau bicara angka politik, secara realistis jauh lebih mudah dan jauh realistis jika Ridwan Kamil maju di Jabar. Merem aja bisa menang kalau maju di Jabar," ujar Adi.

Sebelumnya, survei terbaru SMRC menempatkan RK berada di urutan pertama top of mind responden saat dilakukan simulasi dengan pertanyaan bakal cagub yang akan dipilih jika Pilgub Jabar digelar hari ini. Jawaban responden menempatkan RK dipilih 52,2 persen dalam survei SMRC dalam kurun waktu 27 Mei hingga 2 Juni 2024.

Di bawah RK, muncul nama Dedi Mulyadi yang hanya didukung 28,9 persen responden. Disusul nama Deddy Mizwar dengan 3,8 persen. Lalu, ada juga Dede Yusuf Macan Effendi 1,9 persen. Nama lain sebanyak 27 muncul sebagai pilihan responden namun hanya di bawah 1,9 persen.

Selain itu, RK juga diinginkan 73 persen dari 810 responden untuk kembali jadi Gubernur Jabar. Survei SMRC menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya