HUT 73 RI, Merah Putih Dikibarkan dari Dasar Laut Sibolga

HUT 73 RI, Merah Putih Berkibar dari dasar laut Sibolga
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Untuk memeriahkan hari ulang tahun atau HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun, akan digelar pengibaran bendera Merah Putih dari bawah laut di kawasan laut Sibolga atau di pesisir pantai barat Sumatera Utara. Pengibaran akan dilakukan oleh lima orang penyelam andal.

5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia, Mana Saja?

Acara ini diikuti lintas organisasi, kalangan wartawan dan didukung pemerintah setempat. Pengibaran bendera di bawah laut akan berlangsung pada Minggu pagi, 19 Agustus 2018, sekitar pukul 08.00 WIB. Kemudian, akan dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan lainnya.

Koordinator kegiatan, Maecenas Adhara Donny mengatakan, konsep acara ini, yaitu pengibaran bendera Merah Putih akan dilakukan mulai dari dalam laut hingga ke permukaan laut dengan latar belakang keindahan alam laut Sibolga.

Rayakan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra Gelorakan #SemangatSalingBantu

"Selama prosesi pengibaran berlangsung, peserta lainnya berada di daratan atau di kapal dan menyanyikan lagu Indonesia Raya," ucap Donny kepada wartawan di Sumut, Rabu siang, 15 Agustus 2018.

Menurut Donny, pengibaran bendera dari bawah laut ini adalah yang kedua kali dilangsungkan dan bertempat di lokasi yang sama. Kegiatan ini akan menjadi event tahunan untuk sebagai daya tarik wisata untuk berkunjung ke pantai Sibolga.

Hari Pahlawan, Megawati Minta Santri dan Milenial Jaga Kemerdekaan RI

"Dan, tahun ini peserta dan organisasi yang terlibat semakin meluas, kita mengapresiasi keikutsertaan berbagai organisasi dalam kegiatan ini," katanya.

Selain itu, akan digelar aksi bersih pantai, donor darah, safety riding, bagi-bagi masker, bagi-bagi kopi tao gratis, pemasangan artificial reef, kegiatan membaca anak, dan lomba mewarnai.

"Akan digelar juga aksi penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi di Lombok. Dan, terakhir kegiatan akan ditutup dengan aksi menghadap laut, peserta saling bergandengan dan aksi ini juga serentak dilakukan di 73 daerah," tutur Donny.

Donny menjelaskan, sedikitnya 200 peserta akan mengisi rangkaian acara. Aksi ini diharapkan dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya kesadaran kecintaan terhadap laut dan lingkungan.

"Sebagai daerah pesisir pantai dan laut, tentu kita berpihak pada pelestarian daerah-daerah pesisir," kata dia.

Kegiatan ini juga sekaligus bertujuan untuk mendukung tim-tim Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya