Sandiaga Ingatkan Hipmi Terus Waspadai Pelemahan Rupiah

Bakal calon wakil presiden, Sandiaga Uno di IPB International Convention Centre
Sumber :
  • Muhamad AR

VIVA – Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan masyarakat dan pemerintah agar waspada dengan pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Para pengusaha mendorong pemerintah untuk menerapkan bauran kebijakan polisemi dengan memilah impor dan meningkatkan gerakan cinta produk lokal.

Rupiah Mulai Perkasa ke Rp 16.205 per Dolar AS, Ini Pendorongnya

"Untuk nilai rupiah yang tertekan ini kita harus tingkatkan kewaspadaan terhadap dampaknya kepada ekonomi menyeluruh berkaitan dengan pembangunan untuk memastikan harga dan biaya hidup. Jadi kita harus bersatu meningkatkan kewaspadaan," kata Sandi usai menjadi pembicara pada seminar Challenging The Global Market & Indonesian Economic Outlook di IPB International Convention Centre (IICC), Bogor, Senin 3 September 2018.

Dalam acara yang digelar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini, Sandi menyampaikan kepada seluruh komponen pengusaha untuk mendorong agar pemerintah menerapkan bauran kebijakan polisemi.

Rupiah Terpuruk ke Rp 16.265 per Dolar AS

Pertama, kata Sandi, memastikan ada instrumen moneter yang bisa diluncurkan segera untuk memastikan nilai rupiah tidak terus terdegradasi. Kedua, melakukan gerakan secara riil seperti gerakan cinta produk nasional serta mengonsumsi produk nasional.

"Dan lagi kita mendorong bahwa impor yang terdampak dolar AS bisa kita kelola. Jadi impor yang tidak terlalu penting bisa tunggu dulu dan antisipasi," katanya.

Rupiah Kembali Anjlok ke Level Rp 16.234 per Dolar AS

Menurutnya, impor hanya untuk barang yang bisa menciptakan lapangan kerja. Sandi menekankan, dua hal yang harus disikapi Hipmi melihat kondisi Indonesia saat ini.

"Satu adalah lapangan kerja harus tetap terbuka, kita dorong. Kedua harga barang pokok jangan sampai melambung sehingga emak-emak di sini mengeluh, karena harga bahan pokok sudah fluktuatif dan tidak terjangkau kepada mereka," ujar Sandi.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Rupiah Perkasa ke Rp 16.088 per Dolar AS Usai Rilis Data Inflasi RI

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat, 3 Mei 2024. Rupiah melemah sebesar 97 poin, atau 0,60 persen ke Rp 16.088 per dolar as.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024