Rupiah Kembali Anjlok ke Level Rp 16.234 per Dolar AS

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot kembali anjlok pada perdagangan Senin pagi, 29 April 2024. Rupiah tercatat melemah sebesar 24 poin atau 0,15 persen ke posisi Rp 16.234 per dolar AS

Mendagri Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,11 Persen, tapi Akui Masih Belum Merata

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 16.222 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan mata uang rupiah berpotensi melemah pada hari ini. Hal ini seiring dengan data inflasi Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan kenaikan. 

Ketegangan Geopolitik hingga Inflasi di Bawah Ekspektasi, OJK: Stabilitas Keuangan RI Masih Terjaga 

"Data indikator inflasi, Core PCE Price Index AS bulan Maret yang dirilis Jumat malam kemarin menunjukkan kenaikan 2,8 persen lebih tinggi dari ekspektasi 2,7 persen," kata Ariston kepada VIVA Bisnis, Senin, 29 April 2024. 

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Rupiah Dibuka Melemah, Data Inflasi AS Jadi Sorotan

Ariston menuturkan, naiknya inflasi itu menandakan bahwa inflasi di AS masih sulit turun dan menaikkan ekspektasi penundaan pemangkasan suku bunga acuan AS tahun ini. Sehingga dolar AS berpeluang menguat. 

Selain itu jelasnya, situasi konflik di Timur Tengah yang masih hangat juga menjaga dolar AS tetap di level penguatan.

Adapun pada hari ini mata uang rupiah terhadap dolar AS berpotensi melemah ke kisaran Rp 16.250-Rp 16.280. Sedangkan potensi suport di kisaran Rp 16.180.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya