Logo BBC

'Hoax Ratna Sarumpaet': Tokoh-tokoh Ternama yang Juga Pernah Tertipu

Ratna Sarumpaet mengaku merekayasa kabar penganiyaan terhadap dirinya pada 21 September 2018 di Bandung. - Antara
Ratna Sarumpaet mengaku merekayasa kabar penganiyaan terhadap dirinya pada 21 September 2018 di Bandung. - Antara
Sumber :
  • bbc

Cerita bohong Ratna Sarumpaet telah berhasil mengecoh orang-orang ternama di negeri ini, salah satunya Prabowo Subianto.

Calon presiden dalam pemilu tahun depan itu meminta maaf karena telah ikut menyebarkan kebohongan Ratna.

"Saya atas nama pribadi dan pimpinan tim kami ini, kami minta maaf kepada publik bahwa saya telah ikut menyuarakan sesuatu yang belum diyakini kebenarannya," kata Prabowo dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu malam (03/10).

Sebelumnya, Ratna mengakui dalam jumpa pers bahwa lebam-lebam di bagian wajahnya bukan karena "dipukul dan dikeroyok di Bandung" tapi karena efek dari prosedur pengangkatan lemak di pipi kanan dan kiri.

Prabowo sempat mengecam `penganiayaan` terhadap Ratna, yang merupakan anggota badan pemenangan Prabowo-Sandiaga. Dalam sebuah jumpa pers, Prabowo menyebutnya "melanggar HAM".

Politikus lain seperti Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon, anggota DPR Rachel Maryam, juga mantan ketua MPR Amien Rais, juga dinilai turut menyebarkan kabar bohong tersebut.

Atas perannya dalam tersebarnya kebohongan ini, Prabowo berdalih bahwa ia tidak salah, tapi terlalu terburu-buru memberi pernyataan.

"Saya tidak merasa berbuat salah, tapi saya akui saya (terburu-buru). Tim saya ini baru, baru belajar. Tapi tidak ada alasan kalau kita salah, kita akui salah," ujar Prabowo.

Bagaimanapun, `drama` ini telah membuat Prabowo Subianto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dilaporkan ke polisi atas tudingan menyebarkan hoaks. Laporan itu berujung pada penangkapan Ratna pada Kamis malam (05/10).