Logo BBC

Eksekusi Tuty Tursilawati: Cerita Pertemuan Terakhir dengan Ibunda

Pertemuan Tuty Tursilawati dengan ibunda pada April 2018.
Pertemuan Tuty Tursilawati dengan ibunda pada April 2018.
Sumber :
  • bbc

Lima bulan sebelum Tuti Tursilawati menjalani hukuman mati, ibundanya sempat berkunjung ke penjara tempat ia ditahan di Arab Saudi.

Tuti adalah TKI kelima yang dihukum mati di Saudi tanpa notifikasi, satu hal yang diprotes pemerintah Indonesia.

Bagi pihak keluarga, eksekusi ini meninggalkan duka yang mendalam seperti terlihat di rumah keluarga besarnya di Desa Cikeusik, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (31/10).

Rumah bercat biru dan merah muda itu merupakan kediaman keluarga Tuti Tursilawati, tenaga kerja Indonesia yang dieksekusi mati di Arab Saudi pada Senin (29/10) waktu setempat.

Di halaman rumah terdapat kursi-kursi yang digunakan untuk tahlil dan yasinan oleh warga sekitar.

Ibu Tuti, Iti Sarniti, mengatakan dirinya tak mendapatkan firasat perihal kematian anaknya. Apalagi, minggu lalu keduanya barusa saja berkomunikasi via telepon.

"Minggu kemarin telepon dengan jadi tidak ada firasat apa-apa. (Ia) cerita baik-baik saja, sehat, ada mengeluh sedikit pun, ada. Tiap menelepon juga lancar-lancar aja," ungkap Iti.

Ia mengaku masih syok dengan pelaksanaan hukuman mati terhadap anaknya, namun ia ingin bisa segera mengunjungi makan anaknya.

"Permohonannya bisa berangkat ke sana, ziarah ke makamnya itu. Kalau kemarin dari pembicaraannya, setelah beres sampai 40 harinya dulu, menunggu saya sehat dulu, saya tenang dulu," ujarnya.