Insiden Tabrak Tiang, Lion Air Sebut Pesawat Sudah Ikuti Panduan AMC

Lion Air JT 633.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pesawat Lion Air registrasi PK-LGY dengan nomor penerbangan JT 633 yang menabrak tiang lampu koordinat landas parkir (apron) Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu telah mengikuti panduan dan petunjuk serta tanda dari personel Aircraft Movement Control atau AMC saat itu.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Namun pada saat terjadi pergerakan lekukan ujung sayap pesawat jenis Boeing 737-900 ER itu menyenggol tiang koordinat. "Pergerakan pesawat dari landas parkir menuju landas hubung di Bandara Fatmawati Soekarno harus dipandu oleh petugas. Petugas yang dimaksud adalah dari unit AMC yang merupakan personel dari pengelola bandara," kata Danang dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis 8 November 2018.

Dia menjelaskan, pihaknya telah menerima dokumen yang isinya menyatakan personel AMC bersedia membantu dan mengikuti proses investigasi terkait kejadian pesawat Lion Air yang menabrak tiang lampu koordinat itu. Hal tersebut dilakukan untuk dapat memastikan penyebab insiden tersebut. 

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Dalam dokumen tersebut, Danang mengatakan, sesuai pernyataan personel AMC bahwa  pesawat mengalami kerusakan pada ujung sayap setelah menabrak tiang. Seluruh penumpang akhirnya diberangkatkan dengan pesawat lain serta kru yang berbeda. Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Rabu, 7 November 2018 sekira pukul 23.50 WIB.

"Dalam dokumen resmi tersebut, sesuai pernyataan personel AMC di mana pesawat mengalami kerusakan pada wingtip setelah menabrak tiang parking stand nomor 3 pada saat taxi out menuju landas hubung (taxiway) A pukul 18.28 WIB," ujarnya. (ren)

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih
Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024