First Resources Group Bangun Layanan Kesehatan di Indonesia Timur

First Resources Group.
Sumber :

VIVA – Salah satu kelompok usaha perkebunan sawit, First Resources Group bekerjasama dengan Yayasan Ksatria Medika Airlangga memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pulau-pulau terpencil di Indonesia Bagian Timur.

Pemerintah Sediakan Layanan Kesehatan Gratis bagi Pasien Isoman

Kegiatan ini diawali pada bulan Agustus 2018 hingga Desember 2018, khusus melayani masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara hingga Provinsi Maluku.

Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pulau-pulau di Indonesia yang tersebar dari Sabang hinga Merauke, namun pemenuhan layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat di pulau terpencil masih kurang mendapat perhatian serius.

Tangani COVID-19, Luhut Klaim Pemerintah Mereformasi Bidang Kesehatan

Oleh karena itu, First Resources Group mengambil langkah pelayanan kesehatan berbasis maritim.  Hal ini juga didukung dengan kondisi geografis antar pulau yang terpisah oleh laut dan samudera.

Untuk mewujudkan langkah ini, First Resources juga turut berpartisipasi melalui Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RST-KA) yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pulau terpencil.

Layanan Kesehatan Online Bisa Turunkan Biaya Kesehatan

“Kami merasa terpanggil untuk ikut serta mendukung dalam kegiatan pelayanan kesehatan ini. Karena kesehatan adalah hak dasar setiap manusia. Terlebih masih banyak masyarakat kita yang tinggal di pulau-pulau terpencil, kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, karena lokasinya yang memang sulit dijangkau. Alasan lainnya adalah, kegiatan ini merepresentasikan salah satu Corporate Culture First Resources, yaitu Care atau kepedulian,” ungkap Sustainability Head First Resources, Bambang Dwilaksono.

Dalam kegiatannya, RST - KA, membagi pelayanannya dalam dua bentuk, yaitu pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan operasi bedah. Untuk pelayanan operasi bedah, RST - KA memiliki dua ruang operasi, yaitu ruang operasi bedah minor dan ruang operasi bedah mayor.

Khusus untuk kebutuhan pelayanan operasi bedah, hal ini dilakukan karena masih minimnya pelayanan ini di Puskesmas setempat. Banyak masyarakat yang membutuhkan tindakan operasi namun terpaksa harus mengabaikan kondisi kesehatannya karena ketiadaan biaya.

“Disini sangat sedikit sekali pelayanan dokter spesialis. Saya kira harus ada kepedulian dan kerelaan dari teman-teman untuk hadir di tempat yang terpencil ini,” ungkap Direktur RST – KA, Agus Harianto, dr., Sp.B.

Selain itu, dalam kegiatan yang sama tim First Resources juga berkesempatan mengikuti secara langsung pelayanan kesehatan di Pulau Kisar, Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

Pelayanan kesehatan di Pulau Kisar yang berlangsung pada 13 – 14 November 2018 lalu, sedikitnya melayani 100 pasien pelayanan kesehatan dasar dan sedikitnya 20 pelayanan operasi bedah mayor dan minor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya