PBNU Sebut Pembunuhan Pekerja Trans Papua Kejahatan Keji

Helmy Faishal Zaini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menilai peristiwa pembunuhan para pekerja proyek jembatan jalan Trans Papua oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Kabupaten Nduga, merupakan kejahatan kemanusiaan yang sangat serius.

Prajurit Kidang Kencana Siliwangi Sweeping Jalur Trans Papua, Ada Apa?

"Ini merupakan kejahatan kemanusiaan yang sangat keji. Jelas sekali melanggar HAM,” kata Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faishal Zaini dalam keterangan tertulis kepada VIVA di Jakarta, Kamis 6 Desember 2018. 

Untuk itu, Helmy meminta pihak-pihak terkait, terutama pemerintah pusat juga kepala daerah, kepala distrik, kepala kampung, DPR, juga tokoh masyarakat di sana, untuk saling bekerja sama dengan pihak aparat keamanan untuk segera menyelesaikan dan mencari akar persoalan ini. 

Ratusan Kendaraan Terjebak di Jalan Trans-Papua Ruas Jayapura-Wamena sejak Desember 2022

"Harus diusut dengan tuntas. Sebab, tugas negara adalah melindungi nyawa rakyatnya,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan bahwa sebanyak 31 pekerja proyek jalan Trans Papua yang sedang bekerja membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, diduga dibunuh kelompok bersenjata. 

6 Korban Kerusuhan Dogiyai Papua Ditemukan, Satu Jadi Mayat

Pembunuhan diduga terjadi pada Minggu malam, 2 Desember 2018. Polda Papua menduga sebanyak 24 orang dibunuh di hari pertama, delapan orang yang berusaha menyelamatkan diri di rumah anggota DPRD, tujuh di antaranya dijemput dan dibunuh KKB dan satu orang belum ditemukan. (asp)

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023