Prajurit Kidang Kencana Siliwangi Sweeping Jalur Trans Papua, Ada Apa?

VIVA Militer: Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/KK gelar sweeping di Trans Papua
Sumber :
  • Pendam XVII/Cenderawasih

Papua – Prajurit TNI Angkatan Darat yang berasal dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 310/Kidang Kencana hari ini melakukan sweeping di jalur Trans Papua yang menghubungkan antara Jayapura dengan Wamena di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Pasukan tempur Kodam Siliwangi itu tidak bergerak sendirian. Mereka bergerak bersama sejumlah prajurit TNI AD dari jajaran Koramil 1701-06/Senggi dan Polsek Senggi untuk mengamankan jalur perbatasan antara Republik Indonesia dengan Papua Nugini (PNG).

Aksi sweeping pasukan Kidang Kencana Siliwangi itu bukan tanpa alasan. Mereka bergerak untuk mengantisipasi terjadinya pengiriman barang ilegal dan narkoba. Hampir seluruh kendaraan yang melintas di jalur Trans Papua pun tak luput dari pemeriksaan para petugas yang mengamankan garis perbatasan dua negara tetangga itu.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Danpos Senggi Kapten Inf Shofa Amrin Fajrin menyampaikan, kegiatan sweeping ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta mencegah peredaran barang ilegal seperti narkoba yang dapat merusak generasi muda.

"Kami bekerja sama dengan Koramil dan Polsek dalam upaya ciptakan rasa aman dan mencegah beredarnya barang ilegal dan narkoba yang dapat mengancam kehidupan generasi muda kita. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan perlindungan maksimal kepada masyarakat," kata Kapten Inf Shofa Amrin Fajrin melalui keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Senin, 14 Agustus 2023.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Kapten Shofa menambahkan, sweeping yang dilakukan prajurit Satgas Yonif 310/KK, Koramil, dan anggota kepolisian dari Polsek Senggi digelar juga untuk mengontrol kendaraan dan melakukan pemeriksaan terhadap identitas pengendara. 

"Mereka juga melakukan pemindaian terhadap barang bawaan dan mencurigai setiap tindakan yang mencurigakan," ujar Danpos.

"Masyarakat Distrik Senggi merasa senang dan aman karena melihat adanya keseriusan dari para petugas dalam memerangi peredaran miras, narkoba, serta barang ilegal lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Bapak Daud Yunam selaku Kepala Distrik Senggi mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diharapkan akan terus dilakukan secara rutin untuk menjaga keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. 

"Semoga upaya ini dapat memberikan dampak positif dalam upaya memberantas peredaran barang ilegal dan narkoba, serta menciptakan ketertiban dan keharmonisan di wilayah Distrik Senggi Kabupaten Keerom," harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya