30 Pesawat TNI Siap Atraksi di Langit Istana Negara Pada Perayaan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

VIVA Militer: 3 pesawat tempur F-16 TNI AU mengudara halau serangan musuh
Sumber :
  • Dispenau

Jakarta TNI akan mengerahkan 30 unsur pesawat berbagai jenis untuk terlibat dalam atraksi demo udara HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Amerika Tiarap, Rusia Raup Untung Besar di Balik Perang Iran dan Israel

30 pesawat TNI itu mulai menjalani geladi kotor sejak hari Minggu, 13 Agustus 2023 kemarin. Dan pesawat dari tiga Matra TNI itu kini dipusatkan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

30 pesawat yang akan dikerahkan untuk demo udara di sekitar langit Istana Negara Republik Indonesia itu terdiri dari 10 pesawat tempur F-16 milik TNI AU, enam pesawat KT-1B Wongbee, delapan helikopter Tri Matra TNI, lima helikopter Colibri dan satu pesawat Boeing 737 TNI AU.

Israel Bombardir Perbatasan Mesir, Presiden Amerika Ikut Ikut Campur

Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati mengatakan, 10 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon rencananya akan melaksanakan flypast membentuk formasi Diamond dan Bomburst di sekitar Istana Negara. 

Kemudian, dilanjutkan dengan delapan helikopter tri matra TNI yang terbagi dalam dua element dengan membawa dua bendera Merah-Putih ukuran besar. 

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

"Kemudian dilanjutkan dengan penampilan enam pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang melaksanakan enam manuver udara, yakni Half Cuban, Five Card Loop, Cross Over Brake, Jupiter Wheel, dan Screw Roll, serta manuver Love and Bomburst," kata Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Senin, 14 Agustus 2023.

Tim Jupiter Aerobatic Show Pesawat TNI AU meriahkan MotoGP Mandalika

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Tidak hanya itu, kata Agung Sasongko, selain menampilkan Jupiter Aerobatic Team (JAT) masyarakat Jakarta juga akan disuguhkan dengan atraksi atau demo udara empat helikopter EC-120B Colibri yang akan melaksanakan manuver udara Break Off dan Pegasus Cross pada phase 1. Pada phase 2 Dynamic Pegasus empat helikopter Colibri itu akan melaksanakan manuver udara berupa Windmill, Gemufamire dan Pegasus Kiss.

Kadispenau menegaskan, pelaksanaan gladi kotor yang digelar sejak kemarin hingga hari ini, telah sesuai sequence demo udara yang akan dimainkan saat Hari-H nanti. Mulai dari take off hingga landing kembali di Lanud Halim Perdanakusuma, demo udara berlangsung hingga satu setengah jam.

Untuk diketahui, gladi kotor demo udara yang melibatkan 30 pesawat dari tiga matra TNI itu turut dihadiri oleh sejumlah pejabat utama TNI AU, diantaranya adalah  Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Toni Hardjono, Dankodiklatau Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi, Pangkoopsud  I Marsda TNI Bambang Gunarto,  Kas Koopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, Asops Kas Koopsudnas Marsma  TNI Ian Fuady, Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati, dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Adrian P.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya