Guru Minta Pemerintah Siapkan Kebijakan Khusus UN di Daerah Bencana

Ilustrasi/Penggunaan ujian berbasis komputer untuk ujian nasional di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Federasi Serikat Guru Indonesia atau FSGI meminta pemerintah menyiapkan kebijakan khusus pelaksanaan ujian nasional atau UN di wilayah-wilayah Indonesia yang terdampak bencana.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal FSGI, Satriwan Salim, hal itu diperlukan menyikapi maraknya bencana alam melanda Indonesia tahun ini.

"Kebijakan dan pelaksanaan UN 2019 di wilayah terdampak bencana tersebut harus tersendiri, diperlakukan khusus. Tak sama dengan wilayah lain," ujar Satriwan, melalui keterangan yang diterima VIVA, Jumat,28 Desember 2018.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Wilayah-wilayah terdampak bencana itu, di antaranya Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, yang dilanda tsunami; Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dilanda gempa bumi, Banten dan Lampung Selatan, yang baru saja dilanda tsunami. "Infrastruktur dan fasilitas sekolah yang hancur di sana, membuat proses pembelajaran juga sudah terganggu," ujar Satriwan.

Satriwan menyampaikan, kebijakan khusus itu di antaranya pendirian sekolah darurat supaya kegiatan belajar mengajar (KBM) bisa tetap berlangsung di tengah segala keterbatasan akibat bencana. 

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

Selain itu, sarana dan prasarana pendukung, khususnya untuk UN Berbasis Komputer (UNBK) yang memerlukan peralatan khusus, juga suplai listrik yang terjamin harus dipastikan kesiapannya.

Satriwan menegaskan, kebijakan khusus merupakan perwujudan upaya pemerintah untuk tetap memenuhi hak pendidikan para peserta didik di daerah bencana. "Intinya, hak-hak peserta didik untuk memperoleh penilaian pendidikan yang adil melalui UN tidak terabaikan," ujar Satriwan. (asp)

Ilustrasi ujian.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Ujian Nasional (UN) merupakan momen penting bagi setiap pelajar. Persiapan yang matang dan strategis adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi ujian ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024