Anak-anak Korban Longsor Sukabumi Jalani Trauma Healing

Tim Polda Jabar memberikan trauma healing pada anak-anak korban longsor Sukabumi.
Sumber :
  • VIVA/ Adi Suparman.

VIVA Anak-anak korban longsor di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mendapat layanan trauma healing dari Polda Jawa Barat. Anak-anak berusia 13 tahun ke bawah ini mendapat penyuluhan langsung dari Tim Healing Polda Jawa Barat berupa edukasi untuk kembali meningkatkan motorik dengan kegiatan mewarnai, melukis pada balon.

Lokasi Longsor di Deli Serdang Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Trunoyudho Wisnu, menjelaskan selain kegiatan gambar-menggambar, korban di bawah umur ini juga mendapat bimbingan untuk kembali aktif bersosialisasi.

"Membangun kekompakan terhadap anak, yang diimplementasikan dengan games ular tangga. Memberikan makanan ringan kepada anak-anak sebagai apresiasi dan kasih sayang kepada anak-anak," ujar Trunoyudho, Sabtu 5 Januari 2019.

Bencana Hidrometeorologi Masih Terjadi Jelang Akhir Juni 2020

Ketua Tim Trauma Healing, Kompol Festie Rusmayanti, menambahkan bantuan pemulihan psikososial ini sangat diperlukan agar perhatian pada anak tidak terpaku pada kondisi bencana alam.

"Maksud kegiatan yang dilakukan adalah memberikan dukungan psikososial bagi penyintas korban bencana longsor. Pada hari ini difokuskan dengan kegiatan agar anak-anak mampu mengalihkan perhatian dari kejadian yang mereka alami saat terjadinya bencana, sehingga mereka bisa lebih ceria lagi," katanya.

652 Bencana Landa Indonesia Selama Januari-Februari 2020

Terlebih, lanjut Festie, sebagian korban di bawah umur ini kehilangan kedua orang tuanya akibat longsor.

"Bahwa ada beberapa anak yang kehilangan kedua orang tuanya, sehingga membutuhkan pendekatan yang lebih personal lagi," katanya. (ren)

Mensos menemui gadis kecil Putri Olivia yang kini yatim piatu karena menjadi korban terdampak bencana longsor Banjarnegara.

Kunjungi Korban Longsor Banjarnegara, Mensos Salurkan Bantuan Logistik

Mensos menyerahkan santunan baik kepada ahli waris korban meninggal dunia maupun kepada korban luka, bantuan tersebut untuk meringankan sebagian beban mereka.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2021