Kuasa Hukum Ungkap Isi Pembicaraan Ba'asyir dengan Yusril

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra (kanan) berbicara dengan narapidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir (kiri) di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 18 Januari 2019.
Sumber :
  • Dok. Yusril Ihza Mahendra

VIVA - Kuasa hukum terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir, Achmad Michdan, menceritakan isi pembicaraan Yusril Ihza Mahendra dengan Ba'asyir. Yusril sempat menjanjikan secara administrasi pembebasan hanya butuh waktu sehari.

Sekjen PDIP dan Yenny Wahid Setuju dengan Gus Ipul Jangan Pilih Paslon Didukung Abu Bakar Baasyir

"Pertama kedatangan Yusril ini dua kali, yang pertama itu tanggal 12 Januari kami baru diberitahu pagi hari yang nggak bisa ikut. Tetapi pada kesempatan kedua kami ada. Tanggal 18. Pada tanggal 18 itu, kami sendiri tidak tahu apa yang mau dibahas tujuannya. Tapi kemudian ada pembicaraan bahwa ustaz setuju dibebaskan," kata Michdan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 23 Januari 2019.

Ia menjelaskan, Yusril memastikan tak ada syarat-syarat pembebasan Ba'asyir. Ba'asyir juga mengatakan kalau benar mau dibebaskan, maka butuh waktu 3 sampai 5 hari untuk membereskan barang-barangnya.

Gus Ipul Bilang Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Baasyir, Pihak Amin Merespons Begini

"Belakangan konsen beliau dengan penyakitnya. Pak Yusril bilang secara administrasi nggak perlu lama, sehari selesai. Karena ini harinya hari Jumat, Sabtu libur, Senin nanti diberi kabar. Jadi ustaz memang diberitahu, bahkan ustaz sempat menyatakan, saya akan dijaga polisi tidak, oh nggak. Di rumah ya," kata Michdan.

Ia menambahkan, sebagai penasihat hukum juga sempat menanyakan apakah ada hal-hal yang harus dilakukan berkaitan dengan administrasi. Tapi Yusril katakan tak perlu karena sudah dikoordinasikan dengan Menkum HAM dan Kapolri.

Abu Bakar Ba'asyir Dukung Anies, TKN: Warga NU Harus Pilih yang Sejalan dengan Pancasila

"Yang menarik adalah ketika soal bebasnya itu kapan mereka mau bebaskan, kami tidak tahu, tapi dalam kaitan ustaz meminta waktu, saya dengan Pak Mahendra menemui lagi ustaz hari Minggu itu, memastikan kami pilih hari ini dan untuk waktu pembebasannya, kan mereka janji membebaskan." (mus) 

Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya

PBNU Buka Suara soal Seruan Gus Ipul Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Ba'asyir

Ketua umum PBNU Gus Yahya merespons pernyataan Sekjen PBNU Gus Ipul yang minta warga NU agar tidak memilih pasangan Capres-Cawapres yang didukung Ustaz Abu Bakar Ba'asyir

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024