Cerita Jokowi di Balik Keputusan Bangun MRT Setelah Tertunda 26 Tahun

Capres Jokowi dalam deklarasi dukungan kepadanya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Calon presiden petahana Joko Widodo menceritakan saat-saat dia sebagai gubernur DKI mengambil keputusan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta.

Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas

Jokowi menyampaikan, ia segera mengambil keputusan MRT dibangun setelah mengetahui pelaksanaan proyek transportasi massal berbasis rel itu tertunda 26 tahun.

"Saya putuskan ini (proyek MRT) jalan besok," ujar Jokowi di hadapan para alumni Pangudi Luhur, dalam deklarasi dukungan kepadanya di Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Februari 2019.

Evaluasi Mudik Lebaran 2024, Jokowi Minta Sistem Bayar Tol Tanpa Tapping

Menurut Jokowi, selama 26 tahun, pemerintah lebih banyak mempertimbangkan aspek bisnis, serta balik modal investasi jika proyek dilaksanakan. Hal itu membuat keputusan pelaksanaan proyek tidak kunjung dilakukan. Sebab, hitungan investasinya selalu menunjukkan kerugian.

"Selalu hitungnya untung dan rugi. Ya akan rugi terus. Tidak akan dijalankan sampai kapan pun kalau hitungannya untung dan rugi. Namanya proyek transportasi massal," ujar Jokowi.

Jokowi Ungkap Ketakutan Negara Dunia Saat Ini, Wamenkeu Bicara Dampaknya ke RI

Jokowi yang menjadi gubernur DKI pada 2012 hingga 2014 ini memaparkan, Pemerintah Provinsi DKI harus menyediakan subsidi kurang lebih sebesar Rp3 triliun per tahun untuk menutupi kerugian. Subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan sulit dilakukan karena pemberian subsidi terhadap hal itu tergolong baru.

"Kalau begitu oke, saya tidak akan otak-atik APBD," ujar Jokowi.

Akhirnya, Jokowi menegaskan, ia mewacanakan dilaksanakannya pula kebijakan jalan berbayar elektronik (Electronic Road Pricing/ERP) di Jakarta. Kebijakan itu diperhitungkan akan menambah pemasukan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jakarta sebesar Rp4 triliun.

Dari keputusan-keputusan itu, MRT pada akhirnya mulai dibangun dan akan beroperasi pada Maret 2019. "Apa yang ada di pikiran saya saat itu bahwa ini adalah keputusan politik. Bukan keputusan tentang untung dan rugi, bukan keputusan ekonomi. Ini keputusan politik dengan segala risiko yang akan saya hadapi," ujar Jokowi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya