Logo timesindonesia

KKN Bina Desa Mahasiswa Bantu Bikin Kemasan Produk Rumahan

Contoh kemasan produk lokal warga di Desa Kepel, Kare. (FOTO: Mahasiswa KKN Unipma/Times Indonesia)
Contoh kemasan produk lokal warga di Desa Kepel, Kare. (FOTO: Mahasiswa KKN Unipma/Times Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Banyaknya home industri di lokasi KKN mahasiswa Unipma (Universitas PGRI Madiun) yakni di Desa Kepel,  Kare, Kabupaten Madiun, membangkitkan jiwa kewirausahaan mereka. Salah satunya melalui karya KKN bina desa dengan membuat kemasan produk berbahan aluminium foil.

“Di sini ada beberapa home industry dan kebanyakan masih menggunakan packing biasa. Kami ambil satu sampel, dibuat desainnya lalu  jadilah packaging baru.  Harapanya ke depan,  home industry di desa semakin maju karena produknya beekualitas,” ujar Wahyu Suryadi, mahasiswa peserta KKN.

Sebelumnya, kemasan  hasil olahan warga Desa Kepel masih sederhana. Sehingga memacu mahasiswa Unipma yang  KKN  membuat kemasan baru yang lebih menarik agar dapat dipasarkan di swalayan.

Mahasiswa juga membantu pengurusan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga),  yakni  izin dari Dinas Kesehatan sebagai bukti produk tersebut telah lolos uji dan aman untuk dikonsumsi. Di Desa Kepel terdapat tujuh industri rumahan yang belum memiliki izin PIRT. Mahasiswa KKN Unipma berencana membantu proses pengurusan PIRT ke dinkes.

KKN Bina Desa baru pertama kali tapi sudah cukup sukses karena banyak gagasan dan ide yang bermanfaat bagi warga desa.

“Alhamdulillah, program kerja  yang kami tawarkan sesuai kebutuhan masyarakat dan bisa dilanjutkan," ujar Wahyu Suryadi.

KKN Bina Desa mahasiswa Unipma dilakukan selama sebulan  sejak 28 Januari 2019 hingga 27 Februari 2019. (*)