1.300 KK di Jayapura Terdampak Banjir dan Longsor

Banjir di Abepura, Jayapura Papua
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Gusti Tanati

VIVA – Hujan deras yang terjadi di wilayah Kota Jayapura sejak hari Jumat tanggal 22 Februari 2019 pukul 22.00 WITA sampai dengan tanggal 23 Februari 2019 pukul 05.00 WITA mengakibatkan banjir dan longsor di tiga distrik. Ketinggian air bervariasi antara setengah meter hingga 1,5 meter.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

"Tiga Distrik yang terdampak yakni Distrik Abepura, Distrik Heram dan Distrik Jayapura Selatan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 23 Februari 2019.

Akibat banjir ini, sebanyak 1.300 KK yang terdampak. Korban luka dan meninggal tidak ada dan kerusakan masih dalam pendataan.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Upaya yang dilakukan Pemda beserta beserta TNI/Polri melakukan evakuasi kepada warga terdampak dengan menyiagakan 5 perahu karet dan memberikan pelayanan kebutuhan makan dan kesehatan di empat titik pos lapangan dan pengungsian.

"Pemkot Jayapura tidak menetapkan status tanggap darurat karena saat ini status daruratnya masih transisi darurat ke pemulihan sejak tanggal 8 Januari sampai 8 April 2019.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Pemerintah Provinsi Papua melalui BPBD Provinsi Papua memberikan dukungan personel dan logistik berupa bahan makanan dan air bersih," katanya.

Sutopo menuturkan, banjir pun perlahan mulai surut dan kondisi warga aman terkendali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya