Logo timesindonesia

Khofifah Ajak Aparat Wujudkan Jatim Cetar

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat memimpin apel pertama di Pemprov Jatim. (FOTO: Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat memimpin apel pertama di Pemprov Jatim. (FOTO: Humas Pemprov Jatim)
Sumber :
  • timesindonesia

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim membangun sinergitas untuk mewujudkan Jatim Cetar yakni cepat, efektif, tanggap, transparan, dan responsif. 

Ajakan tersebut disampaikannya saat memberikan amanah pada Apel Pagi di halaman Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya, Senin (25/2/2019) pagi.

Menurutnya, dalam mewujudkan Jatim Cetar tidak hanya mengandalkan tupoksi masing-masing OPD. Karena itu harus ada sinergitas antar-OPD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, masyarakat wilayah selatan Jatim, dan seluruh masyarakat Jatim.

“Saya ingin kita semua Jatim, Jatim adalah kita. Caranya dengan integritas itu,” kata Khofifah. 

Dicontohkan, untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jatim semua elemen yang terkait harus bersinergi.

“Kita semua punya tanggung jawab bagaimana menghitung angka partisipasi pendidikan. Tidak bisa hanya dinas pendidikan, dinas kesehatan, asisten perekonomian. Tetapi semua harus bersinergi,” ujar orang nomor satu di Jatim ini. 

Pada kesempatan itu, Khofifah juga menginginkan agar pimpinan OPD bisa memaksimalkan kemampuan dan potensi staf atau tim di lingkungan instansinya masing-masing. Identifikasikan kemampuan dan potensi maksimal dari staf untuk berkarya di OPD diharapkan dapat mempercepat capaian program Cettar.