Kembali Berulah, KKB Bakar Alat Berat Milik PT Istaka Karya

Trans Papua.
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.co.id

VIVA – Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Papua, kembali berulah. Kali ini, KKB melakukan pembakaran satu unit alat berat milik PT Istaka Karya yang telah rusak.

Prajurit Kidang Kencana Siliwangi Sweeping Jalur Trans Papua, Ada Apa?

Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, kejadian pembakaran tersebut terjadi pada Rabu kemarin, 27 Februari 2019.

"Pada pukul 14.40 WIT di Kampung Yal, Distrik Yal, Kabupaten Nduga, tepatnya pada titik CO 1220 1386 telah terjadi pembakaran alat berat yang telah lama rusak dan tidak digunakan lagi milik PT Istaka Karya, yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata," kata Kamal ketika dikonfirmasi, Kamis 28 Februari 2019.

Ratusan Kendaraan Terjebak di Jalan Trans-Papua Ruas Jayapura-Wamena sejak Desember 2022

Sebelum melakukan pembakaran, kata Kamal, KKB tersebut membunyikan tembakan sebanyak dua kali. Informasi tersebut diketahui oleh personel Brimob, di mana saat itu sedang melaksanakan patroli dan kemudian melaporkan kejadian tersebut.

Informasi tambahan yang didapat, sebelumnya pada Selasa 26 Februari 2019, pukul 23.00 Wit, di distrik Yal, tepatnya di titik di CO 54M 207331 9530846, telah terjadi kontak tembak antara personel Brimob dengan KKB.

6 Korban Kerusuhan Dogiyai Papua Ditemukan, Satu Jadi Mayat

"Pada pukul 21.54 Wit, personil Brimob yang dipimpin AKP Rubby Nanda melakukan pergerakan penyisiran dari Distrik Yigi-Yal-Mugi. Pukul 23.00 WIT, pada saat personel Brimob menaiki tanjakan terjal longsoran di distrik Yal, kelompok kriminal bersenjata menembak sebanyak tiga kali ke arah personel Brimob, disertai dengan teriakan-teriakan khas masyarakat pegunungan sebagai pancingan dari kiri dan belakang," katanya.

Pukul 23.15 WIT, dua Tim personel Brimob memberikan tembakan balasan dan pengejaran, didapatkan jejak pelarian di Distrik Yal, tepatnya di titik CO 54M 207205 9530670.

Kemudian pada pukul 23.45 WIT, personel Brimob melaksanakan penggeledahan beberapa rumah yang diindikasikan dijadikan tempat persembunyian kelompok kriminal bersenjata dan melakukan patroli di beberapa ketinggian distrik Yal. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya