Logo timesindonesia

Diterjang Luapan Air, Embung Hargosari Ambrol

Kondisi terkini embung Hargosari setelah ambrol diterjang air. (Foto: Ardian Tri H/TimesIndonesia)
Kondisi terkini embung Hargosari setelah ambrol diterjang air. (Foto: Ardian Tri H/TimesIndonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Hujan deras yang mengguyur sejak dua hari lalu mengakibatkan pembatas embung Hargosari di Desa Hargosari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jatim, ambrol. Diduga penahan embung  tak mampu menahan tingginya curah hujan dan debit air. Ambrolnya pintu embung diketahui Kamis (7/3/2019) dini hari. 

Pantauan di lokasi, hampir sepanjang badan embung dan tanah penguat di semua sisi embung ambrol dan hanyut diterjang air. Tidak hanya itu saja tanah sekitar embung juga akan serta rawan longsor. 

“Bangunan pembatas air sebelah kiri hancur, dan kondisi cukup mengkhawatirkan, karena tanah di sekitar embung longsor, “ terang Marsono Plt.  Kepala Desa Hargosari, Kamis (7/3/2019) pagi.

Menurutnya kondisi tersebut kini menimbulkan kekhawatiran. Sebab jika tak segera diperbaiki maka berpotensi runtuh total jika hujan deras masih mengguyur.

 Selain banjir, embung juga tidak  bisa berfungsi lagi  untuk menampung air.  Padahal warga membutuhkan untuk pengairan sawah saat kemarau. 

"Tidak mengakibatkan korban jiwa, hanya kerugian materi kurang lebih Rp 700 juta. Dan dikhawatirkan irigasi sekitar embung terancam,” ujar Marsono. 

Warga berharap segera ada penanganan  pasca ambrolnya embung Hargosari. Selain mencegah banjir dan longsor, perbaikan untuk menyelamatkan irigasi persawahanan di sekitar embung di Desa Hargosari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. (*)