Mahfud MD Bantah Laporkan Romahurmuziy kepada KPK

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD saat ditemui wartawan di kantor KPK, Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA – Mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, membantah kabar yang menyebutkan bahwa dialah yang mula-mula melaporkan Romahurmuziy alias Rommy, mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Menurut Mahfud, keliru besar kalau menganggap bahwa KPK menangkap Rommy atas dasar laporan atau pengaduannya. Kalaupun dia belakangan beberapa kali memperingatkan Rommy agar berhati-hati, itu semua karena memang informasi yang murni didapat dari KPK, bukan sebaliknya.

“Saya tahunya [kasus yang berkaitan dengan Romahurmuziy] dari KPK. Untuk apa saya memberi tahu KPK, lha wong saya tahunya dari KPK,” katanya dalam forum Indonesia Lawyers Club yang ditayangkan tvOne pada Selasa malam, 19 Maret 2019.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Mahfud merasa perlu mengatakan itu sekalian mengklarifikasi tudingan sebagian kalangan yang mencurigai bahwa dia memiliki hubungan khusus dengan KPK, dan karenanya mendapatkan info-info rahasia KPK. Meski demikian, dia memang menghadiri undangan KPK sebagai pembicara dalam forum seminar atau pengajian.

Namun dia mengakui, suatu waktu dia diajak bertemu oleh seorang petinggi KPK, setelah dia berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk mengadukan sejumlah perkara korupsi yang dianggap terbengkalai. KPK, katanya, dalam kesempatan itu akhirnya blakblakan bahwa tidak ada upaya membiarkan kasus-kasus itu terbengkalai, melainkan masih dalam proses penyelidikan.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Setelah pertemuan itu, Mahfud akhirnya memahami bahwa KPK tak pernah main-main mengusut kasus-kasus korupsi. Kalaupun ada kasus yang sudah lama tak ada kabarnya, itu lebih karena proses penyelidikan dan berhati-hati. “KPK itu kalau sudah mengusut tidak main-main.”

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024