3.874 Siswa di Sumut Dinyatakan Lulus‎ SNMPTN 2019

Pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Feny Selly

VIVA – Di Sumatera Utara terdapat 3.874 siswa yang dinyatakan lulus Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Untuk 3.874 siswa itu, lulus masuk Universitas Sumatera Utara (USU) sebanyak 2.508 siswa dan Universitas Negeri Medan (Unimed) yang lulus SNMPTN berjumlah 1.366 siswa. Untuk siswa dinyatakan lulus diharapkan segera melakukan daftar ulang dan melihat informasi lanjut di laman resmi SNMPTN http://pengumuman.snmptn.ac.id.

"Kami sangat senang bapak/ibu dan siswa yang lulus telah menjadi bagian dari keluarga besar Unimed, karena sudah bergabung menjadi warga Unimed," ungkap Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom kepada wartawan di Medan, Jumat sore, 22 Maret 2019.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Syawal mengatakan, untuk peserta SNMPTN masih punya kesempatan untuk bersaing kembali di jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Dua jalur masuk di PTN itu akan segera dibuka pada tahun ini.

"Percayalah, jika saudara yakin, tetap berusaha dan serius dalam belajar, mudah-mudahan dapat lulus di dua jalur tersebut. Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, segeralah persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk daftar ulang dan lihat jadwal-jadwal penting untuk melakukan daftar ulang, agar tidak terlambat," tuturnya.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Terpisah, Kepala Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti mengatakan, pengumuman SMNPTN disampaikan satu hari lebih awal dari yang ditetapkan LTMPT, Sabtu 23 Maret 2019. Hal ini dilakukan mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat. 

Selain itu, Elvi mengatakan, untuk memberikan kesempatan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN sehingga dapat mendaftar SBMPTN UTBK Gelombang I. Kemudian mengikuti jalur Mandiri yang akan dibuka di USU.

"Bahwa pada Tahun Akademik 2019/2020, USU akan menerima sebanyak 2.508 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN. Sementara jumlah bidik misi yang diterima sebanyak 650 orang," ungkap Elvi kepada wartawan di Medan.

LTMPT Kemenristek Dikti mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, hari ini. Untuk peserta yang lulus di 85 PTN se-Indonesia sebanyak 92.331 Siswa. Dengan jumlah siswa mendaftar SNMPTN di Tanah Air ini sebanyak 478.608 siswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya