MUI Tegaskan Netral di Pemilu 2019

MUI
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kiai Ma'ruf Amin maju ke dalam Pilpres 2019 sebagai Cawapres nomor urut 02 pasangan Joko Widodo.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Walaupun begitu, Waketum MUI Yunahar Ilyas menjelaskan bahwa pihaknya akan bersikap netral terhadap kegiatan Pilpres 2019.

"Meski ada individu yang juga tim sukses, kami secara organisasi netral," ucap Yunahar di Kantor MUI, Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa, 9 April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Ia menilai jika politik adalah hak dari setiap warga negara, maka dari itu MUI tidak akan mengeluarkan larangan karena hak politik sudah diatur dalam Undang-undang negara. 

MUI juga tidak memiliki komitmen untuk menentukan sikap dalam mendukung salah satu Capres dan Cawapres.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Ulama tidak terbelah karena sikap politik itu pribadi. Mereka pribadi punya kecenderungan politik di 01 atau 02 ya silahkan,"tambahnya. 

Ia pun meminta agar para ulama tidak melakukan hal yang negatif dan ikut menyebarkan berita hoaks. "Jangan ulama bikin makin panas, membuat panasnya itu agar secara terukur tidak melanggar apa yang digariskan oleh Islam," tutupnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024