Jokowi: Kasus Novel Jangan Dikembalikan ke Saya Lagi

Presiden Jokowi saat bicara di Sentul, Bogor, Jumat, 12 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/ Eduward Ambarita.

VIVA - Presiden Joko Widodo menanggapi tuntutan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Novel Baswedan untuk membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta atau TGPF independen.

Omongan Lawas Novel Baswedan soal Karma Firli Bahuri: Tak Usah Dibalas, Nanti Jatuh Sendiri

Menurut dia, penyelesaian kasus teror dengan air keras terhadap Novel sudah ditangani sejumlah lembaga, bahkan KPK itu sendiri.

"Sudah ada tim gabungan di Polri, yang terdiri dari polisi, Ombudsman, dan KPK sendiri. Tanyakan pada mereka, hasilnya seperti apa. Kejar mereka, hasilnya seperti apa. Jangan dikembalikan ke saya lagi," kata Jokowi, saat ditemui di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat 12 April 2019.

Firli Bahuri Kirim Surat ke Jokowi Nyatakan Mundur Jadi Ketua KPK, Novel: Modus Lama!

Jokowi menyampaikan, tiga lembaga itu berwenang menjawab sejauh mana pengusutan serangan teror berjalan. Sehingga, ia meminta, perihal hal tersebut, jangan melulu didesak kepadanya sebelum ada jawaban pasti dari pihak yang tengah menyelidiki.

"Tanyakan ke mereka. Belum ditanyakan ke sana, ditanyakan ke saya," kata Jokowi, calon presiden petahana yang juga baru menyelesaikan acara kampanye.

Novel Baswedan Minta Firli Bahuri Segera Ditahan setelah Praperadilan Ditolak

Sebelumnya di Gedung KPK, peringatan dua tahun serangan teror terhadap Novel digelar, kemarin. Novel yang hadir dalam acara, menuntut Presiden Jokowi segera membentuk TGPF independen untuk mengungkap kasus teror air keras yang dialaminya.

Novel mengatakan, desakan pembentukan TGPF independen ini tidak ada hubungannya dengan politik atau pilpres yang bakal digelar sekitar enam hari lagi. Meski begitu, Novel menyatakan, pembentukan TGPF independen jadi kesempatan bagi Jokowi menunjukkan komitmennya dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Semua masyarakat Indonesia, marilah kita mendesak kepada bapak Presiden untuk mau peduli untuk dibentuk TGPF," kata Novel. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya