Gempa Berpotensi Tsunami di Banggai, Warga Diminta Jauhi Pantai

Gempa bumi 6,9 SR guncang Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa berkekuatan 6,9 skala richter guncang perairan Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah malam ini. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika pun merilis peringatan dini Tsunami. 

Indonesia Terancam Cuaca Panas Ekstrem, Berikut Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, Tsunami berpotensi terjadi di Kabupaten Morowali dan Banggai khususnya Kecamatan Toili. 

"BPBD Kabupaten Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat, bahwa masyarakat di Kecamatan Toili diminta untuk mengungsi," ujar Sutopo dikutip dari keterangan resminya, Jumat 12 april 2019. 

Udara Panas yang Melanda RI dalam Beberapa Hari Terakhir Bukan Heatwave, Menurut BMKG

Sutopo mengatakan, gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar enam detik. Masyarakat pun sempat panik dan keluar dari rumah. Kemudian guncangan juga terasa kuat di Kabupaten Luwu Timur sekitar 4 detik.

"BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan waspada. Artinya Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang berada pada status Waspada diharapkan memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai," tambahnya. 
 

Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada
Ilustrasi BMKG mendeteksi dini potensi cuaca

Indonesia Dilanda Gelombang Panas? Begini Penjelasan BMKG

Sebagian masyarakat kerap mengeluhkan tingginya suhu di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Ada dugaan hal itu adalah akibat gelombang panas.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024