Sultan HB X Berharap Tak Terjadi Gejolak Perpecahan Usai Pemilu 2019

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, meminta kepada masyarakat untuk kembali bersatu usai Pemilu 2019. Sultan HB X berpesan agar masyarakat jangan sampai terpecah belah hanya karena perbedaan politik di Pemilu 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Sultan HB X berharap agar pemerintah bersama dengan masyarakat mewujudkan rasa damai dan nyaman. Kondisi damai dan nyaman ini diharapkan bisa meredam gejolak-gejolak yang bisa mengarah pada perpecahan.

"Harapan saya setelah Pemilu dilakukan, marilah kita wujudkan rasa damai dan rasa nyaman masyarakat. Tidak ada gejolak-gejolak yang menumbuhkan perpecahan di anak bangsa," ujar Sultan di Keraton Kilen, Jumat 19 April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Sultan meminta kepada semua pihak menghormati proses Pemilu 2019 dan hukum yang berlaku di Indonesia. Menurut Sultan apabila ada sengketa dalam Pemilu 2019 diharapkan bisa diselesaikan secara hukum dan tidak dilakukan dengan cara-cara inkonstitusional.

Sultan pun berharap agar semua pihak baik pasangan calon (paslon) nomor urut 01 maupun 02 agar sabar menunggu hasil keputusan dari Komisi Pemilihan Umum. Masyarakat juga diminta sabar menunggu hasil resmi KPU. 

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Kita harus menghormati dan untuk itu kita menunggu (keputusan KPU). Harapan saya (usai penyelenggaraan pemilu) kita sebagai anak bangsa kembali dalam kebersamaan. Kembali dalam kedamaian. Kembali di dalam rasa tanggung jawab bersama," tutur Sultan. (mus)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024