Beredar Video Orang Mau Penggal Jokowi, Relawan Lapor Polisi

 ?Relawan Jokowi Mania.
Sumber :
  • Foe Peace Simbolon/VIVA.co.id.

VIVA – Relawan Jokowi Mania atau disingkat Joman melaporkan aktor dan perekam video yang mengancam memenggal kepala Presiden Joko Widodo. Video tersebut diduga dibuat saat unjuk rasa di depan gedung Badan Pengawas Pemilu RI, Jl MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat 10 Mei 2019 lalu. 

Kumpul di Blora, Gabungan Relawan: Kita Satu Komando Ikut Jokowi

Laporan tersebut bernomor LP/2912/V/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus. Dengan pelapor Yeni Marlina dan terlapor masih dalam lidik. Dalam laporannya, Joman membawa beberapa barang bukti berupa rekaman video dan beberapa gambar tangkap layar yang disimpan di dalam flashdisk.

“Kami telah melaporkan terduga orang yang mengancam kepala negara dengan ancaman yang mematikan dan diduga ini pendukung Prabowo di Bawaslu. Yang kedua, yang rekam video juga kita laporkan," ucap Ketua Umum Relawan Joman Immanuel Ebenezer di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu 11 Mei 2019.

Joman Siap Bongkar Pejabat yang Cari Untung Besar dari Bisnis PCR

Immanuel menduga pelaku adalah pendukung Prabowo, setelah melihat beberapa simbol diduga mendukung calon presiden nomor urut 02 itu. Dalam hal ini, terlapor diancam dengan Pasal 27 ayat 4 junto pasal 45 ayat 1 UU RI no 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI no 11 tahun 2008 tentang ITE.

“Kita lihat yang bukti-bukti gambar dan simbol-simbol kampanye gitu. Kenapa kami berani menyampaikan, diduga mereka pendukung Prabowo. Itu bisa dibuktikan kok,” katanya.

Elite PDIP Semprot Pentolan JoMan: Loe Denger Dulu Orang Ngomong!

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menambahkan polisi akan menindaklanjuti laporan yang masuk. Sebelum ada laporan, polisi sendiri telah menyelidiki video.

Polisi sendiri sudah mengantongi identitas terduga pelaku. Namun, karena masih dalam penyelidikan hal tersebut tak bisa dibeberkan. "Dilakukan penyelidikan ya," kata Argo menambahkan. 

Video Penggal Jokowi

Viral sebuah video seseorang berteriak 'penggal kepala Jokowi'. Hal tersebut nampak dilakukan seorang pria berpeci hitam. 

Berdasarkan video tersebut, pria itu ada di tengah kerumunan massa yang sedang melakukan aksi unjuk rasa. Diduga, hal ini dilakukan pada saat aksi mengepung Gedung Badan Pengawas Pemilu.

Video sendiri berdurasi 20 detik lamanya, dan diketahui diunggah Permadi Arya alias Abu Janda di akun Twitternya, @permadiaktivis.

Dalam video nampak yang berteriak adalah seorang lelaki berjaket cokelat. Dengan lantang dia mengucap penggal kepala Jokowi sebanyak tiga kali.

Hingga kini belum diketahui identitas pria itu. Selain di akun Twitter Abu Janda, video itu juga tersebar di media sosial lain semisal di akun Instagram @journalpalma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya