Masih Didata Jumlah Napi Kabur akibat Kerusuhan di Lapas Langkat

Kerusuhan di Lapas Narkotika di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada Kamis siang, 16 Mei 2019.
Sumber :
  • IST

VIVA – Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada Kamis siang, 16 Mei 2019, sekitar 11.30 WIB. Dilaporkan ada ratusan warga binaan yang melarikan diri dari ruang tahanan.

Narapidana Gali Lubang untuk Kabur dari Penjara, Malah 'Mendarat' di Restoran Cepat Saji

Kepolisian telah melakukan pengamanan dan pengejaran terhadap narapidana yang berhasil kabur dengan menjebol pintu gerbang lapas narkotika tersebut.

Disampaikan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agus Andrianto, instruksi telah dikeluarkan agar dilakukan pengejaran terhadap napi kasus narkoba yang kabur. 

Aneh, Pria Ini Nyamar Jadi Domba Untuk Kabur dari Penjara

“Saya sudah perintahkan untuk melakukan razia narapidana yang kabur,” katanya. 

Selain itu, tim dari Polda Sumut sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kejadian kerusuhan tersebut. Sementara itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumut juga sedang melakukan pengumpulan data dan penyelidikan.

Kronologi Penyerangan Penjara Meksiko yang Bebaskan Pemimpin Kartel Caborca

"Ya kita terima seperti itu (terjadi kerusuhan)," ungkap Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Josua Ginting kepada VIVA, Kamis 15 Mei 2019. 

Disinggung apa penyebab kerusuhan itu, Josua mengatakan, belum tahu dan timnya masih melakukan penyelidikan di lapas narkotika Langkat itu.

"Tim menuju ke sana. Sabar dulu, bila sudah ada data pasti, kita kabari lagi," kata Josua.

Dari video beredar di grup WhatApp berdurasi 6 menit, 4 detik, para narapidana di lapas tersebut berkeluaran dari sel mereka. Di dalam video itu juga, terlihat sebuah sepeda motor terbakar. Kemudian, satu unit mobil ambulans juga terbalik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya