Kerusuhan Lapas Langkat, 60 Napi Berhasil Diamankan dan 20 Masih Kabur

Petugas masih berjaga penuh di sekitar Lapas Narkotika Langkat, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Kerusuhan terjadi di Lapas Narkotika Kelas III Kabupaten Langkat, Kamis, 16 Mei 2019, sekitar 11.30 WIB. Dikabarkan, ada 80 warga binaan melarikan diri. Namun, 60 di antaranta berhasil diamankan kembali oleh petugas kepolisian dibantu oleh personel TNI.

Rusuh di Lapas Manado, Terdengar Suara Tembakan

"Untuk data saya minta dari kepolisian, sekitar 80 orang. Sudah kembali 60 orang. Namun, data ini belum akurat ya. Karena mereka belum tahu," ujar Kepala Devisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Indah Rahayu, kepada wartawan di lokasi kejadian.

Untuk sisa warga binaan yang masih melarikan diri, hingga kini masih dilakukan pengejaran oleh petugas kepolisian dibantu petugas dari Kemenkum HAM Sumut dan sipir. Indah mengatakan kondisi lapas saat ini sudah terkendali dengan aman.

Pasca Kerusuhan, Ratusan Napi Dikembalikan ke Rutan Kabanjahe

Indah menyebutkan ada 20 tuntutan napi dan tahanan. Permintaan mereka di antaranya perbaikan perlakukan sipir dan penghapusan pungli di penjara. Hal ini, kata Indah, akan disampaikan kepada pimpinan Kemenkum HAM di Sumut dan di Jakarta.

“Semua sudah kita kendalikan. Seluruh permintaan warga binaan kami terima, akan kami laporkan ke pusat. Seluruh permintaan kami ikuti,” kata Indah.

VIDEO: Penampakan Rutan Kabanjahe Porak-poranda usai Kerusuhan

Selanjutnya, pihak lapas bersama Kemenkum HAM akan menggelar rapat untuk membahas tindak lanjut dari kerusuhan ini, termasuk upaya perbaikan lapas. (ase)

Kerusuhan Lapas Manado Dipicu Ketakutan Terhadap Corona

Kerusuhan sempat terjadi di Lapas Manado.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2020