Saat Kerusuhan, Kalapas Langkat Lagi Liburan di Yerusalem

Suasana di sekitar Lapas Narkotika Langkat di Sumatera Utara, Kamis, 15 Mei 2019
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA - Saat terjadi kerusuhan, Kepala Lapas Narkotika Kelas III Langkat, Bachtiar Sitepu, tidak berada di lokasi melainkan sedang berada di luar negeri. Menurut Kepala Divisi Pemasyarakat (Kadiv Pas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Muhammmad Jahari Sitepu, Bachtiar Sitepu sedang cuti kerja.

Rusuh di Lapas Manado, Terdengar Suara Tembakan

"Dia saat ini di Betlehem (Yerusalem), kalau melihat itu (lokasi) ya ibadah. Dia sudah tahu soal kejadian ini," sebut Jahari kepada wartawan, Jum'at siang, 17 Mei 2019.

Kemudian, Jahari memerintahkan Bachtiar Sitepu untuk kembali ke Kabupaten Langkat. Karena, banyak hal yang segera dikerjakannya paska kerusuhan tersebut.

Pasca Kerusuhan, Ratusan Napi Dikembalikan ke Rutan Kabanjahe

"Sebetulnya belum jadwal pulang, sudah saya paksa pulang hari ini. Tapi katanya tidak ada pesawat, tapi hari Sabtu katanya ada, insya Allah, Minggu sudah di sini," tutur Jahari.

Kerusahan yang terjadi di Lapas Narkotika Langkat terjadi, pada Kamis siang, 16 Mei 2019, sekitar pukul 11.30 WIB, dipicu tertangkapnya seorang napi penyelundup sabu ke dalam lapas. Kejadian itu menyisakan kerusakan pada lapas itu, tepat di bagian pelayanan, yang hangus terbakar. Namun, api berhasil dipadamkan oleh petugas kebakaran.

VIDEO: Penampakan Rutan Kabanjahe Porak-poranda usai Kerusuhan

Selain itu, kerusuhan ini menyebabkan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat yang terparkir di Lapas itu, menjadi amukan napi. Alhasil, kendaraan tersebut, ikut terbakar juga.

Kerusuhan Lapas Manado Dipicu Ketakutan Terhadap Corona

Kerusuhan sempat terjadi di Lapas Manado.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2020