Tanggal Prediksi Tak Kena Macet Parah Arus Balik Lebaran

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rifki Arsilan

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan arus balik pada tanggal 7 atau 10 Juni 2019.

Gaya Menhub Budi Karya Bernyanyi dan Gitaran di Kapal Penumpang

Ia memprediksi, H+2 atau tepatnya tanggal 7 Juni 2019 nanti, puncak arus mudik akan mulai terlihat.

"Jadi kalau mau balik enak itu tanggal 7 atau 10. Kalau 8 dan 9 enggak janji. Jadi padat," kata Budi saat menggelar silaturahmi Lebaran di rumah dinasnya Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu 5 Juni 2019.

Menhub: Transportasi Jakarta Tak Mungkin Dibiarkan Sendiri

Budi mengatakan, situasi arus mudik atau pun sebaliknya berbeda dengan tahun ini. Pada tahun lalu, jumlah hari libur dan cuti bersama lebih banyak dibanding lama cuti tahun ini.

Dengan sisa waktu cuti bersama hingga empat hari ke depan, diharapkan masyarakat menghitung kepadatan arus lalu lintas ketika kembali ke tempat tinggalnya.

Menteri Perhubungan Berterus Terang 1,5 Juta Orang Lolos Mudik

"Kita ingin membuat ini balance. Kemarin itu lebih 8 hari mudik, sekarang ini tanggal 7, 8, 9 dan, 3 hari lebih pendek," kata dia. 

Untuk jalur mudik di wilayah Jawa, Budi menyarankan, pengendara mobil tidak memanfaatkan tempat peristirahatan (rest area) di jalan tol. 

Ia menduga, rest area di Tol Cipali akan menjadi favorit para pengendara menghentikan lajunya karena pada wilayah tersebut merupakan titik lelah pengemudi. 

"Mereka bisa ke Pekalongan, Tegal, di sana lebih rileks. Mau ke toilet, ke warung, masjid lebih enak daripada numpuk (rest area) arus balik," ucapnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya