Pengguna Transportasi Laut, Darat dan Kereta Api Naik 7 Persen

Lalu lintas arus mudik Lebaran mulai terlihat di Tol Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Lampung, pada enam hari menjelang Idul Fitri, Kamis, 30 Mei 2019.
Sumber :
  • VIVA/Ardian

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan transportasi darat, laut dan kereta api pada arus mudik tahun ini meningkat. Untuk transportasi darat, kenaikan terjadi lantaran penggunaan moda transportasi bus meningkat sebanyak 2 persen.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

"Kalau ditambahkan moda bus naik walaupun naik 2 persen tapi kan penggunaan bus masif kalau kita lihat penumpangnya naik besar angkutan darat," kata Budi Karya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2019.

Untuk moda transportasi kereta api dan laut terjadi peningkatan sebanyak  7 persen. Sedangkan moda transportasi udara mengalami penurunan.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Moda transportasi kereta api dan laut naik 7 persen. Yang turun hanya udara, yang lain naik semua," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut angka kecelakaan pada arus mudik 2019 menurun lebih dari 50 persen. Turunnya angka kecelakaan lalu lintas lantaran banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Angka kecelakaan turun lebih dari 50 persen," kata Budi saat meninjau arus balik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2019.

Dari data yang ia terima sebanyak 2-3 persen masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

"Kita lihat memang angkanya tidak begitu naik besar yaitu 2-3 persen. Tapi ada perubahan dari kendaraan pribadi ke angkutan umum," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya