Kebakaran Lahan Gambut di Ogan Ilir Meluas

Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA – Kebakaran lahan gambut masih terjadi di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Peralatan yang kurang memadai, sulitnya air dan jauhnya medan yang terbakar membuat petugas kesulitan memadamkan titik api yang tersebar.

Cara Mahasiswa-Milenial Sumsel Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

Pemadam hingga kini terus dilakukan petugas dari Manggala Agna BPBP, TNI dari Kodim Ogan Ilir dan Oki terus berjibaku memadamkan api. Fokus pemadaman saat ini dilakukan di Desa Pulau Semambu Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel.

Petugas harus menerobos semak belukar untuk menuju titik api. Beruntung lahan gambut yang ada telah mengering, sehingga kebakaran tidak cepat meluas. Salah satu warga bernama Mahmud menyampaikan, kebakaran ini memang tidak terlalu lama terjadi. Tapi terkadang api tiba-tiba menyala kembali.

5 Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Aceh Terbakar

"Sudah tidak meluas, api tidak menyebar karena banyak gambut yang dulunya juga pernah terbakar," kata Mahmud, Sabtu, 29 Juni 2019.

Petugas dari Manggala Agni, Sigit Raharjo, mengatakan titik api yang berada di Desa Pulau Semambu ada sebanyak dua titik. Pemadaman terus dilakukan dan api dapat dilokalisir.

Angin Puting Beliung Terjang Musi Rawas Utara, 58 Rumah Rusak

"Satu hektare sudah dipadamkan. Kesulitan memang sumber air dan medan di lokasi kebakaran yang sulit ditempuh dengan jalan darat," ujar Sigit.

Selama satu bulan ini, kebakaran yang terjadi di Ogan Ilir telah menghanguskan puluhan hektare lahan gambut kering. Kebakaran diprediksi bakal terus terjadi bila hujan tidak turun dalam waktu dekat ini. (ase)

Laporan: Syamsul Rizal/ Ogan Ilir, Sumsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya