Logo BBC

Baiq Nuril: Saya Sempat Berpikir Mengakhiri Hidup

Baiq Nuril: "Dukungan dari banyak pihak yang menguatkan kami," - Oki Budhi/BBC News Indonesia
Baiq Nuril: "Dukungan dari banyak pihak yang menguatkan kami," - Oki Budhi/BBC News Indonesia
Sumber :
  • bbc

Baiq Nuril mengaku sempat putus asa di tengah upayanya menuntut keadilan. Tetapi dukungan kuat dari anak-anaknya membuatnya terus berani melangkah.

Bermula dari apa yang disebutnya sebagai pelecehan seksual yang kerap dialaminya, ibu tiga anak ini kemudian memberanikan diri untuk merekam pembicaraan antara dirinya dan atasannya lewat telepon.

Rekaman pembicaraan itulah yang kemudian dibeberkan dan diharapkannya menjadi bukti sekaligus menjadi keputusan terpentingnya untuk memberanikan diri bersuara.

Namun demikian, di sisi lain, keputusannya itu dianggap bermasalah secara hukum, sehingga dilaporkan atas sangkaan mendistribusikan atau mentransmisikan konten kesusilaan.

Dalam pusaran ketegangan seperti itulah, termasuk keberaniannya membuka kasus dugaan pelecehan seksual atas dirinya, membuat Baiq Nuril mengaku dihadapkan jalan terjal yang tidak gampang.

"... Saya ingin menyudahi ini semua, karena terlalu capek," ungkapnya dalam wawancara khusus dengan wartawan BBC News Indonesia, Silvano Hajid dan Oki Budhi, Selasa (09/07) di Jakarta.

Namun kehadiran orang-orang terdekatnya, termasuk anak-anaknya, juga sokongan berbagai pihak, menyadarkan Baiq Nuril untuk tetap berusaha tegar dan tetap kukuh untuk menuntut keadilan.