Program Transmigrasi, 2,2 Juta Kepala Keluarga Sudah Dipindahkan

 Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjojo.
Sumber :
  • VIVA / Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan program transmigrasi di Indonesia semakin baik. Menurut Eko, kementeriaannya berhasil menciptakan Desa Transmigrasi hingga provinsi baru di Indonesia. Pencapaian transmigrasi juga telah memindahkan 2,2 juta kepala keluarga.

Mendes: Desa Wisata Mampu Berikan Pendapatan Besar

"Transmigrasi telah mampu menciptakan dua provinsi, 100 kabupaten baru, 335 kecamatan, 1.336 desa definitif baru. Pencapaian ketransmigrasian 2,2 juta KK, 7.676 jiwa di 619 kawasan transmigrasi, 366 permukiman transmigrasi dan 46 kawasan program revitalisasi," ucap Eko Putro Sandjojo dalam acara rapat koordinasi nasional transmigrasi tahun 2019 di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2019.

Selain itu, Eko juga mengatakan jika program transmigrasi telah membuat ratusan target yang berfokus kepada 72 satuan pemukiman di kawasan pengembangan. Dengan nilai target tersebut, Indonesia mampu menjadi rujukan negara tetangga dalam pengelolaan transmigrasi di negaranya.

Cara Kemendes Perkuat Kualitas Pemanfaatan Dana Desa

"Transmigrasi sudah membuat target sasaran sebanyak 144 kawasan yang berfokus pada 72 satuan pemukiman di kawasan pengembangan. Dari target 144 itu, pencapaian kita selama tahun 2015 hingga 2019 sebesar 150 kawasan," kata dia.

"Transmigrasi kita telah menjadi rujukan kepindahan penduduk di negara lain, di antaranya adalah Malaysia. Transmigrasi Malaysia dikelola dengan memakai pentingnya transmgrasi, tapi mereka tidak memperbolehkan tanah yang diberikan pemerintah untuk bisa diperjualbelikan," kata Eko.

Tidak Cuti saat Kampanye Jokowi, Menteri Desa Dijatuhi Sanksi Teguran
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo membuka acara sosialisasi Keputusan Mendes PDTT No. 78 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Manajamen SDM.

Mendes Tegaskan Pentingnya Tingkatkan Kualitas SDM

Perlu eksekutor yang baik untuk merealisasikan ide-ide.

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2019