KPK Amankan 11 Orang Berikut Bukti Transfer Rp2 Miliar

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo.
Sumber :
  • Cahyo Edi

VIVA – Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di daerah Jakarta Selatan, Rabu malam sampai Kamis dini hari tadi. 

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya telah mengamankan 11 orang terkait operasi senyap tersebut.

"Hingga pagi ini, KPK telah membawa total 11 orang ke Gedung KPK untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," kata Agus Rahardjo saat dikonfirmasi awak media, Kamis, 8 Agustus 2019.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Dijelaskan Agus, 11 orang yang diciduk tersebut terdiri dari unsur swasta Pengusaha Importir, sopir dan orang kepercayaan anggota DPR-RI dan pihak lainnya.

"KPK sebelumnya menerima informasi akan terjadi transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia. Setelah kami cek di lapangan, diketahui ada dugaan transaksi menggunakan sarana perbankan," kata Agus.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Selain orang, kata Agus, pihaknya juga mengamankan bukti transfer sekitar Rp2 miliar, serta uang tunai dalam bentuk Dolar AS. Hal senada juga dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan yang dihubungi terpisah.

"Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp2 miliar. Selain itu dari orang kepercayaan anggota DPR-RI ditemukan sejumlah mata uang asing berupa USD yang masih dalam proses perhitungan dan penelusuran," kata Agus. 

"KPK diberikan waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status perkara ini, apakah ditingkatkan ke penyidikan dan siapa saja yang menjadi tersangka," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya