10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Ilustrasi sperma.
Sumber :
  • CCRM

VIVA Lifestyle  – Kesuburan pria sangat penting dalam proses reproduksi. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesuburan adalah jumlah sperma. Reproduksi dan kualitas sperma yang tidak memadai adalah salah satu penyebab paling umum infertilitas pria karena menurunkan peluang salah satu sperma membuahi sel telur untuk pembuahan.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Menurut WHO, konsentrasi normal sperma pada pria minimal 20 juta per ml air mani. Kurang dari 15 juta sperma per ml dianggap sebagai jumlah sperma rendah, disebut juga oligozoospermia. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan.

Salah satunya, faktor pendukung seperti kelainan hormonal, air mani yang terinfeksi, infeksi pada kelenjar prostat, varikokel, kerusakan saluran sperma, merokok, penyalahgunaan alkohol, obat-obatan, paparan logam berat, dan radiasi.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Kesehatan sperma

Photo :
  • menshealth

Ada banyak cara untuk meningkatkan jumlah sperma, salah satunya dengan mengonsumsi makanan alami yang kaya akan nutrisi penting. Berikut adalah 10 makanan alami yang dapat membantu peningkatan jumlah sperma pada pria, Melansir dari Reckontalk, Selasa 19 Maret 2024.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

1. Akar Maca

Akar maca terkenal dengan khasiat untuk meningkatkan jumlah sperma pada pria, tanaman herbal ini memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan seperti glukosinolat dan polifenol. Hal ini bisa membantu meningkatkan produksi sperma dan motilitas sperma. Selain itu juga dapat membantu menyeimbangkan hormon.

Kamu bisa menambahkan bubuk akar maca ke satu gelar air, sereal, atau minuman sehat lainnya yang kaya akan serat kamu bisa mulai dengan ½ sendok teh dan menaikan dosis secara bertahap selama beberapa minggu.

2. Aswagandha

Awagandha tanaman herbal yang sudah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional India. Aswagandha dianggap sebagai obat rumahan yang efektif untuk meningkatkan jumlah sperma pada pria. Terutama pada ekstrak akar aswagandha dapat meningkatkan jumlah sperma, volume air mani, motilitas sperma.

Ditambah lagi ramuan ini dapat meningkatkan produksi testosterone sehat dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan vitalitas dan mengurangi stress serta kecemasan. Caranya campurkan ½ sdt bubuk aswagandha kedalam segelas susu hangat. Minumlah dua kali sehari selama beberapa bulan. Untuk mendapatkan dosis yang tepat, cobalah konsultasi pada dokter.

Gingseng dapat digunakan untuk meningkatkan testosterone dan jumlah serta motilitas sperma untuk menigkatkan kesuburan pria dan dapat membantu meningkatkan kinerja ereksi. Untuk hasil yang optimal, minumlah ramuan gingseng setiap hari selama setidaknya 3 bulan.

Bawang putih berperan sebagai afrodisiak yang disebut allicin yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan daya tahan sperma. Selin itu, mineral selenium yang ada dalam bawang putih juga membantu meningkatkan motilitas sperma. Kamu bisa mengonsumsi 1 atau 2 siung bawang putih yang dihancurkan secara rutin setiap harinya.

5. Tribulus

Tribulus dapat meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kualitas sperma karena dapat meningkatkan kadar hormon. Kandungan afrodisiak dalam tribulus sangat membantu dalam menyembuhhkan oligozoosperma. Jika sulit mencari tanaman ini, belilah dalam bentuk kapsul dan hanya minum 1 hingga 3 kapsul 500 mg tribulus terrestris selama beberapa bulan atau disarankan konsultasi pada dokter.

6. Olahraga Ringan

Rutin melakukan olahraga ringan juga bagus untuk meningkatkan produksi sperma yang sehat dan meningkatkan jumlah sperma. Dengan melakukan beberapa jenis latihan fisik selama satu jam perhari secara teratur seperti latihan beban, lari,dan aktivitas diluar ruang lainnya. Namun, perlu diingat harus menghindari olahraga dan aktivitas yang berlebihan karena dapat menyebabkan berkurangnya jumlah sperma.

7. Damiana

Damiana ramuan lain yang berguna untuk jumlah sperma rendah dan juga menenangkan saraf, mengurangi kecemasan, kelelahan mental, bertindak sebagai pelemas otot. Caranya, rendam daun damiana kering sekitar ¼ sdt dalam air mendidih takaran gelas selama 5 hingga 10 menit. Saring larutannya dan kemudian tambahkan sedikit madu untuk rasa, dianjurkan untuk mengonsumsi hingga 3 kali sehari selama beberapa bulan.

8. Saw Palmetto

Saw Palmetto dapat digunakan untuk kesehatan prostat merupakan ramuan lain yang berguna untuk meningkatkan jumlah sperma. Hal ini juga baik untuk mengobati disfungsi ereksi. Minumlah 160 mh ekstrak saw palmetto dua kali sehari untuk beberapa bulan, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

9. Horny Goat Weed (Rumput Tanduk Kambing)

Rumput tanduk kambing sangat berguna untuk meningkatkan jumlah sperma rendah pada pria dan juga membantu mengobati disfungsi ereksi serta meningkatkan gairah libido. Namun, pada suplemen gulma kambing terangsang belum diuji keamanannya. Mengonsumsi 250 hingga 500 mg suplemen ini setiap harinya selama beberapa bulan setelah konsultasi dengan dokter.

Kadar antioksidan tinggi yang terdapat dalam teh hijau memiliki potensi meningkatkan kesuburan yang baik karena dapat menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel sperma. Dosis rendah senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) dalam the hijau dapat meningkatkan kualitas dan motilitas sperma, caranya konsumsilah sekitar 1 atau 2 cangkir teh hijau setiap hari untuk mendapatkan kesehatan secara keseluruhan serta meningkatkan kesuburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya