Dana Dukung Demo Mahasiswa Digalang Lewat KitaBisa

Unjuk rasa mahasiswa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019)
Unjuk rasa mahasiswa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Mahasiswa dari berbagai universitas telah menggelar aksi demo menolak pengesahan sejumlah undang-undang yang tidak pro-rakyat sejak Senin, 23-24 September 2019 di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Aksi tersebut mendapat dukungan dari musisi dan aktivis Ananda Badudu.

Mantan personel Banda Naira itu melakukan penggalangan dana melalui situs KitaBisa untuk mendukung aksi mahasiswa. Penggalangan dana telah dilakukan sebelum aksi digelar atau pada Minggu malam, 22 September 2019.

"Kamu bisa berkontribusi lewat donasi dana yang akan digunakan untuk makanan, minuman, dan sound system mobil (mobil/gerobak komando)," tulis Ananda Badudu dalam keterangan di akun kitabisa.com pada Minggu, 22 September 2019 lalu.

Dalam keterangan itu dijelaskan bahwa Ananda bertanggung jawab atas pengelolaan dan penggunaan dana tersebut. Dia pun berjanji akan mencatat dan melaporkan semua dana yang digunakan dan akan menyiarkan laporan itu secara transparan melalui akun media sosialnya, baik Twitter maupun Instagram.   

Sementara dana yang terkumpul tercatat sebesar Rp175.696.688 dari 2.129 donatur. Adapun waktu penggalangan dana selama sebulan terhitung sejak Senin lalu. Penggalangan dana pun sempat ditutup sementara pada 24 September 2019 karena sudah melampaui target sebesar Rp50 juta. Namun ada kemungkinan dibuka kembali.

"Ada kemungkinan kanal donasi di KitaBisa dibuka karena ada beberapa teman mahasiswa terluka parah (kepala bocor) dan harus segara dioperasi. Kepastiannya nanti saya kabari," tulis dia, Rabu, 25 September 2019.